PERBEDAAN KUALITAS KERJA SISWA PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI BISNIS CENTER DAN UNIT PRODUKSI

Ratih Wijayaningsih, 5401409155 (2013) PERBEDAAN KUALITAS KERJA SISWA PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI BISNIS CENTER DAN UNIT PRODUKSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PERBEDAAN KUALITAS KERJA SISWA PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI BISNIS CENTER DAN UNIT PRODUKSI) - Published Version
Download (2349Kb)

    Abstract

    Siswa Program Keahlian Tata Busana melaksanakan praktik kerja di Bisnis Center dan Unit Produksi untuk dapat meningkatkan kualitas kerjanya yang merupakan modal bagi keberhasilan dalam bekerja. Khususnya untuk praktik kerja dibutuhkan pihak pengurus yang mengusai Bisnis Center dan Unit Produksi agar dapat membantu meningkatkan kualitas kerja siswa, tidak terkecuali untuk siswa Program Keahlian Tata Busana. Siswa Program Keahlian Tata Busana harus mampu melaksanakan praktik kerja dengan pengetahuan dan keterampilan melalui kompetensi keahliannya, sehingga praktik kerja dapat berlangsung secara terprogram dan terstruktur. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui kualitas kerja siswa Program Keahlian Tata Busana di Bisnis Center dan Unit Produksi Busana SMK Negeri 1 Pekalongan; (2) Mengetahui perbedaan kualitas kerja siswa Program Keahlian Tata Busana di Bisnis Center dan Unit Produksi Busana SMK Negeri 1 Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa Program Keahlian Tata Busana Kelas XI SMK Negeri 1 Pekalongan sejumlah 81 yang melaksanakan praktik kerja di Bisnis Center dan 6 siswa di Unit Produksi Busana. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase dan chi square untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kualitas kerja siswa program keahlian Tata Busana di Bisnis Center dan Unit Produksi Busana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kerja siswa di Bisnis Center sebesar 79% termasuk dalam kategori baik dan kualitas kerja siswa di Unit Produksi sebesar 91% termasuk dalam kategori sangat baik. Ada perbedaan kualitas kerja siswa Program Keahlian Tata Busana di Bisnis Center dan Unit Produksi Busana dengan p value sebesar 0,002. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) kualitas kerja siswa Program Keahlian Tata Busana di Bisnis Center dinyatakan baik sedangkan di Unit Produksi dinyatakan sangat baik; dan (2) ada perbedaan kualitas kerja siswa Program Keahlian Tata Busana di Bisnis Center dan Unit Produksi SMK Negeri 1 Pekalongan dalam praktik kerja. Saran yang dapat diberikan untuk program Unit usaha SMK Negeri 1 Pekalongan, seyogyanya menyelenggarakan praktik kerja untuk membina semua siswa Program Keahlian Tata Busana kelas XI, agar siswa Program Keahlian Tata Busana lebih Produktif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Bisnis Center, Unit Produksi Busana, Kualitas Kerja Siswa.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 07 Nov 2013 11:02
    Last Modified: 07 Nov 2013 11:02

    Actions (login required)

    View Item