EKSPERIMEN PEMBUATAN KRASIKAN DARI TEPUNG GAPLEK DAN TEPUNG BERAS KETAN DENGAN PERBANDINGAN YANG BERBEDA

AYU MARDWIANA, 5401408087 (2013) EKSPERIMEN PEMBUATAN KRASIKAN DARI TEPUNG GAPLEK DAN TEPUNG BERAS KETAN DENGAN PERBANDINGAN YANG BERBEDA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (EKSPERIMEN PEMBUATAN KRASIKAN DARI TEPUNG GAPLEK DAN TEPUNG BERAS KETAN DENGAN PERBANDINGAN YANG BERBEDA) - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Krasikan, Tepung gaplek, Tepung beras ketan Krasikan merupakan makanan kudapan yang berbahan dasar dari tepung beras ketan. Krasikan ini mudah didapatkan di pasar – pasar tradisional dengan harga yang relatife murah. Tepung gaplek mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi dan kandungan gula yang rendah, oleh karena itu tepung gaplek sangat baik bagi pencernaan, kandungan kolesterolnya rendah, dan dapat mencegah beberapa penyakit misalnya diabetes, jantung, dan tekanan darah tinggi. Selain itu tepung gaplek juga mempunyai harga yang relatif lebih murah dibanding dengan tepung beras ketan. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Eksperimen Krasikan dari Tepung Gaplek dan Tepung Beras Ketan dengan Perbandingan yang Berbeda”. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kualitas krasikan yang dibuat dengan persentase tepung yang berbeda dilihat dari aspek warna, aroma, tekstur dan rasa. Bagaimana tingkat kesukaan masyarakat terhadap krasikan yang dibuat dari tepung gaplek dan untuk meningkatkan nilai ekonomis krasikan dengan bahan tepung gaplek. Metode pengumpulan data 1) penilaian subyektif dengan uji inderawi dan uji kesukaan, 2) penilaian obyektif dengan uji kesukaan dari sampel terbaik hasil uji inderawi. Alat pengumpulan data yaitu panelis agak terlatih untuk uji inderawi dan panelis tidak terlatih untuk uji kesukaan. Metode analisis data uji inderawi menggunakan analisis varian klasifikasi tunggal sedangkan uji kesukaan menggunakan analisis deskriptif persentase. Dari hasil penelitian, diperoleh hasil uji indrawi yang menunjukkan sampel terbaik terdapat sampel A1B1 dengan persentase tepung gaplek dan tepung beras ketan masing-masing 60% dan 40%. Sedangkan dari analisis varian klasifikasi tunggal, tidak ada perbedaan kualitas krasikan dengan perbedaan persentase tepung ditinjau dari aspek warna, aroma, tekstur (kepadatan, kelembekan dan kekenyalan) dan rasa (manis dan gurih), kecuali pada aspek tekstur kelengketan ada perbedaan kualitas krasikan.Sampel yang disukai masyarakat juga sama yaitu sampel A1B1 dengan selisih nilai yang berbeda tipis dengan sampel yang lain. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa perbedaan persentase tepung gaplek dan tepung beras ketan tidak berpengaruh terhadap warna, aroma, rasa (manis dan gurih), dan tekstur (kepadatan, kekenyalan dan kelembekan) kecuali pada tekstur kelengketan. Sampel yang paling disukai masyarakat yaitu sampel dengan peresentase tepung gaplek 60% dan tepung beras ketan 40%. Saran dari penelitian ini adalah Perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan presentase yang lebih bervariatif agar hasil penelitian yang dihasilkan lebih baik Dan Perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat mengenai pembuatan Krasikan dengan tepung gaplek sebagai bahan alternatif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Krasikan, Tepung gaplek, Tepung beras ketan Krasikan
    Subjects: T Technology > TX Home economics
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 07 Nov 2013 10:58
    Last Modified: 07 Nov 2013 10:58

    Actions (login required)

    View Item