EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PRODI TAV SMK YPT KOTA TEGAL PADA POKOK BAHASAN MEMPERBAIKI TV PENERIMA

Ahmad Sutrisno, 5301409053 (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PRODI TAV SMK YPT KOTA TEGAL PADA POKOK BAHASAN MEMPERBAIKI TV PENERIMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PRODI TAV SMK YPT KOTA TEGAL PADA POKOK BAHASAN MEMPERBAIKI TV PENERIMA)
Download (2748Kb)

    Abstract

    Dalam dunia pendidikan masih terdapat paradigma lama yaitu proses pembelajaran hanya berjalan satu arah saja, guru sebagai satu-satunya sumber belajar. Ketidaksesuaian guru dalam memilih metode pembelajaran yang tepat dapat menyebabkan motivasi siswa dalam belajar menjadi berkurang dan siswa cenderung tidak tertarik pada proses pembelajaran. Upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang mungkin siswa belum pernah mengalami sehingga siswa akan merasa tertarik pada pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui hasil belajar siswa kelas XI Prodi TAV SMK YPT Kota Tegal pada pokok bahasan memperbaiki TV penerima dengan model pembelajaran Jigsaw dan ingin mengetahui efektivitas model pembelajaran Jigsaw pada pokok bahasan memperbaiki TV penerima. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Prodi TAV 2 SMK YPT Kota Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal pos tes di tiap akhir siklus; aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran; kinerja guru dalam menerapkan pembelajaran Jigsaw, dan tanggapan siswa serta tanggapan guru. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif, analisis deskriptif persentase, dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan baik aktivitas siswa, kinerja guru dan ketuntasan belajar yaitu dari siklus I aktivitas siswa secara klasikal sebesar 70,8%, kinerja guru dalam pembelajaran 70%, ketuntsan hasil belajar siswa secara klasikal 63% dengan rata-rata hasil belajar 68,9. Siklus II aktivitas siswa secara klasikal 74%, kinerja guru dalam pembelajaran sebesar 87,5%, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 75% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 77,1, dan pada siklus III aktivitas siswa secara klasikal sebesar 81,6%, kinerja guru dalam pembelajaran sbesar 95%, ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 92% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 86. Simpulan penelitian ini yaitu bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan memperbaiki TV penerima di kelas XI TAV 2 SMK YPT kota Tegal, dan model pembelajaran Jigsaw sangat efektif diterapkan pada pokok bahasan memperbaiki TV penerima.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aktivitas siswa, hasil belajar siswa, model pembelajaran Jigsaw
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    T Technology > TX Home economics
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
    Depositing User: bukhomirah perpus unnes
    Date Deposited: 07 Nov 2013 11:20
    Last Modified: 07 Nov 2013 11:20

    Actions (login required)

    View Item