PENGARUH KEBERADAAN SISWA PEMANTAU JENTIK AKTIF DENGAN KEBERADAAN JENTIK DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN GAJAH MUNGKUR KOTA SEMARANG TAHUN 2013


Ayu Andini, 6450408134 (2013) PENGARUH KEBERADAAN SISWA PEMANTAU JENTIK AKTIF DENGAN KEBERADAAN JENTIK DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN GAJAH MUNGKUR KOTA SEMARANG TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEBERADAAN SISWA PEMANTAU JENTIK AKTIF DENGAN KEBERADAAN JENTIK DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN GAJAH MUNGKUR KOTA SEMARANG TAHUN 2013]
Preview
PDF (PENGARUH KEBERADAAN SISWA PEMANTAU JENTIK AKTIF DENGAN KEBERADAAN JENTIK DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN GAJAH MUNGKUR KOTA SEMARANG TAHUN 2013)
Download (11MB) | Preview

Abstract

Demam berdarah dengue merupakan penyakit menular yang menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keberadaan siswa pemantau jentik aktif dengan keberadaan jentik di Sekolah Dasar Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang tahun 2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni menggunakan metode pretestt-postest dengan kelompok kontrol (pretesttt-postestt with control group). Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah sekolah dasar di Kecamatan Gajahmungkur yang berjumlah 16 sekolah dasar. Sampel dibagi menjadi dua dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan cara undian atau lottery technique. Instrumen yang digunakan adalah kartu pemantauan jentik, checklist peran siswa, checklist keberadaan jentik, buku panduan pemantauan jentik, dan papan pengumuman keberadaan jentik. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil signifikasi atau nilai p value pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 0,007. Dimana nilai p (0,007) kurang dari 0,05 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah keberadaan siswa pemantau jentik aktif memiliki pengaruh terhadap keberadaan jentik di Sekolah Dasar Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang tahun 2013. Saran yang diberikan kepada pihak sekolah, pihak Puskesmas Pegandan dan Dinas Kesehatan Kota Semarang agar mau mengizinkan, mendukung dan memfungsikan siswa pemantau jentik di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Siswa Pemantau Jentik, Peran, Keberadaan Jentik, Sekolah Dasar
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 16:23
Last Modified: 07 Nov 2013 16:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18906

Actions (login required)

View Item View Item