MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NU HASYIM ASY’ARI TARUB TEGAL PADA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR SIMBOL DAN RANGKAIAN KELISTRIKAN OTOMOTIF MENGGUNAKAN AUTOCAD


Hoko Diantoro, 5301409052 (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NU HASYIM ASY’ARI TARUB TEGAL PADA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR SIMBOL DAN RANGKAIAN KELISTRIKAN OTOMOTIF MENGGUNAKAN AUTOCAD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NU HASYIM ASY’ARI TARUB TEGAL PADA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR SIMBOL DAN RANGKAIAN KELISTRIKAN OTOMOTIF MENGGUNAKAN AUTOCAD]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NU HASYIM ASY’ARI TARUB TEGAL PADA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR SIMBOL DAN RANGKAIAN KELISTRIKAN OTOMOTIF MENGGUNAKAN AUTOCAD)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah tentang peningkatan hasil belajar siswa jika menggunkan perangkat lunak AutoCAD pada pembelajaran menggambar simbol dan rangkaian kelistrikan di SMK NU Hasyim Asy‟ari Tarub Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan perangkat lunak AutoCAD. Manfaat penelitian diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam menggambar simbol dan rangkaian kelistrikan. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek ldalam penelitian ini dilakukan dengan cara random sampling dan didapatkan siswa kelas X.O6 SMK NU Hasyim Asy‟ari Tarub Tegal tahun ajaran 2012/2013 Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pada setiap siklus terjadi peningkatan prestasi belajar tentang menggambar simbol dan rangkaian kelistrikan otomotif dengan menggunakan AutoCAD. Hal ini terlihat pada hasil tes kemampuan awal/metode ceramah diperoleh nilai rata-rata sebesar 58,026 dan ketuntasan belajar sebesar 21,053%, sehingga belum bisa dikatakan berhasil karena masih dibawah dari indikator keberhasilan. Untuk hasil post test siklus I diperoleh nilai rata-rata 65 dengan ketuntasan belajar 47,368%. Sedangkan untuk hasil post test siklus II diperoleh nilai rata-rata 78,553 dengan ketuntasan belajar sebesar 86,842%. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat dari 69,342% (siklus I) menjadi 82,76% (siklus II). Peningkatan hasil belajar dari kemampuan awal siswa sampai siklus I yaitu sebesar 6,97 dan besarnya peningkatan hasil belajar dari kemampuan awal siswa sampai siklus II yaitu sebesar 20,526. Penggunaan Autocad dapat meningkatkan pemahaman siswa, maka sebaiknya untuk mata pelajaran yang sifatnya aplikatif digunakan media pembelajaranuntuk membantu siswa dalam memahami materi materi yang diberikan guru.Media pembelajaran Autocad tentang menggambar teknik ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan meningkatkan prestasi siswa yang lumayan signifikan.Untuk itu masih diperlukan lagi penelitian-penelitian dengan menggunakan metode maupun media pembelajaran lain yang lebih efektif, sehingga prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan semaksimal mungkin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: AutoCAD, Hasil Belajar, Menggambar Simbol dan Rangkaian Kelistrikan .
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 16:22
Last Modified: 07 Nov 2013 16:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18898

Actions (login required)

View Item View Item