STUDI DESKRIPTIF PEMETAAN FAKTOR RISIKO ISPA PADA BALITA USIA 0-5 TAHUN YANG TINGGAL DI RUMAH HUNIAN AKIBAT BENCANA LAHAR DINGIN MERAPI DI KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG


Sari Utami, 6450408121 (2013) STUDI DESKRIPTIF PEMETAAN FAKTOR RISIKO ISPA PADA BALITA USIA 0-5 TAHUN YANG TINGGAL DI RUMAH HUNIAN AKIBAT BENCANA LAHAR DINGIN MERAPI DI KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI DESKRIPTIF PEMETAAN FAKTOR RISIKO ISPA PADA BALITA USIA 0-5 TAHUN YANG TINGGAL DI RUMAH HUNIAN AKIBAT BENCANA LAHAR DINGIN MERAPI DI KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG]
Preview
PDF (STUDI DESKRIPTIF PEMETAAN FAKTOR RISIKO ISPA PADA BALITA USIA 0-5 TAHUN YANG TINGGAL DI RUMAH HUNIAN AKIBAT BENCANA LAHAR DINGIN MERAPI DI KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu wilayah yang terkena dampak paling besar bencana lahar dingin merapi adalah Desa Jumoyo Kecamatan Salam karena terletak di sepanjang aliran sungai putih. Berdasarkan data, 108 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal. Solusi yang diberikan pemerintah berupa pembangunan rumah hunian sementara (huntara), namun kondisi fisik rumah belum memenuhi syarat kesehatan sehingga beresiko meningkatkan kejadian Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Dari 52 balita di huntara 24 balita (30%) mengalami ISPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain cross sectional dan penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah semua ibu balita berusia 0-5 tahun di huntara sebanyak 52 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, lembar observasi dan panduan wawancara. Analisis data dengan analisis univariat dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan faktor paling berisiko menyebabkan ISPA di rumah hunian adalah jenis lantai (100% tidak memenuhi syarat), kepadatan hunian (100% tidak memenuhi syarat hunian yang baik), pemberian ASI eksklusif (77% balita tidak diberikan ASI secara eksklusif), perilaku merokok (73% orang tua balita merokok), pengetahuan ibu tentang ISPA (88% rendah) dan pelayanan kesehatan yang kurang. Saran yang dapat diajukan terkait penelitian ini adalah pembangunan hunian tetap yang lebih memenuhi syarat kesehatan dan peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat rumah hunian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), huntara, lahar dingin, kondisi fisik rumah
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 16:24
Last Modified: 07 Nov 2013 16:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18897

Actions (login required)

View Item View Item