STUDI EKSPLORASI PEMBELAJARAN TAHUN KE-4 PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 7 SEMARANG


Fitri NurJanah, 5301409044 (2013) STUDI EKSPLORASI PEMBELAJARAN TAHUN KE-4 PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI EKSPLORASI PEMBELAJARAN TAHUN KE-4 PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 7 SEMARANG]
Preview
PDF (STUDI EKSPLORASI PEMBELAJARAN TAHUN KE-4 PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 7 SEMARANG)
Download (636kB) | Preview

Abstract

SMK Negeri 7 Semarang dengan masa studi 4 tahun menggunakan kurikulum KTSP Spektrum 2008. Pada pembelajaran tahun ke-4 terdiri dari Praktik Kerja Industri (Prakerin), pembelajaran pasca prakerin, dan Ujian Praktik Kejuruan (UPK). Identifikasi masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran tahun ke-4 Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK N 7 Semarang. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pelaksanaan pembelajaran tahun ke-4 Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 7 Semarang. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah mengenai kurikulum apa yang digunakan di SMK Negeri 7 Semarang, pelaksanaan pembelajaran pada tahun ke-4, dan efektivitas pembelajaran tahun ke-4. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMK Negeri 7 Semarang. Sumber penelitian adalah SMK Negeri 7 Semarang dengan sumber informan dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, angket dan dokumentasi.Hasil penelitian melalui observasi non-sistematis, angket, wawancara serta dokumentasi. Dari hasil penelitian peneliti menemukan efektivitas dari pembelajaran tahun ke-4 yang didapat dari kuesioner serta angket dari para siswa jurusan Teknik Elektronika Industri dan para guru serta perwakilan dari salah satu industri yang peneliti wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kurikulum yang digunakan adalah kurikulum KTSP spektrum 2008 yang setiap tahunnya dievaluasi oleh sekolah. Kegiatan pada tahun ke-4 meliputi prakerin, pembelajaran pasca prakerin dan UPK. Pembelajaran pasca prakerin meliputi 4 mata pelajaran yaitu Melaksanakan pemeliharaan peralatan elektronika sistem pengendali elektronika, Merakit peralatan dan perangkat elektronika sistem pengendali elektronika, Melaksanakan pemeliharaan peralatan sistem otomasi elektronika, Merakit peralatan dan perangkat elektronik dan sistem otomasi elektronika. Tahun ke-4 dikatakan efektif karena sudah sesuai dengan tujuan tiap mata pelajaran tersebut dan tujuan dari SMK. Selain itu diukur juga dari presentase tamatan siswa jurusan Teknik Elektronika Industri yang terjun ke industri atau berwirausaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tahun ke-4, Praktek Kerja Industri, SMK Negeri 7 Semarang.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 16:25
Last Modified: 07 Nov 2013 16:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18895

Actions (login required)

View Item View Item