TUDI PERBANDINGAN PPL REGULAR DENGAN KKN PENDAMPINGAN SMK DITINJAU DARI ASPEK KINERJA MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Sartini, 5301409027 (2013) TUDI PERBANDINGAN PPL REGULAR DENGAN KKN PENDAMPINGAN SMK DITINJAU DARI ASPEK KINERJA MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TUDI PERBANDINGAN PPL REGULAR DENGAN KKN PENDAMPINGAN SMK DITINJAU DARI ASPEK KINERJA MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (TUDI PERBANDINGAN PPL REGULAR DENGAN KKN PENDAMPINGAN SMK DITINJAU DARI ASPEK KINERJA MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Download (793kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan PPL regular dengan KKN pendampingan SMK, kinerja mangajarnya, dan bermakna atau tidak perbedaan kinerja mengajar antara mahasiswa yang mengikuti PPL regular dengan yang mengikuti KKN pendampingan SMK. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa perbedaan PPL regular dengan KKN pendampingan SMK, bagaimana kinerja mangajarnya, dan lebih baik mana kinerja mengajar antara mahasiswa yang mengikuti PPL regular dengan yang mengikuti KKN pendampingan SMK. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro (PTE) yang mengikuti PPL regular yaitu 70 orang dan mahasiswa PTE yang mengikuti KKN Pendampingan SMK yaitu 24 orang . Variabel yang diteliti ada dua yaitu Variabel statis dalam penelitian ini yaitu PPL dan KKN Pendampingan SMK dan kinerja mengajar mahasiswa sebagai variabel dinamis. Data diperoleh dengan angket. Data dianalisis dengan analisis uji t-test. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada perbedaan kinerja mengajar antara mahasiswa PTE yang mengikuti PPL regular dengan mahasiwa PTE yang mengikuti KKN pendampingan SMK namun tidak begitu signifikan. Kinerja untuk mahasiswa yang mengikuti PPL regular variable dari seluruh aspek menghasilkan presentase 82% dan masuk ke dalam kriteria baik sekali. Sedangkan kinerja untuk mahasiswa yang mengikuti PPL regular variable dari seluruh aspek menghasilkan presentase 79% dan masuk ke dalam kriteria baik. Hasil dari uji t-test sebagian besar variable menghasilkan nilai yang lebih besar dari α=0,05. Beberapa saran berkaitan dengan penelitian ini antara lain untuk mahasiswa yang mengikuti KKN pendampingan hendaknya interaksi dengan siswa ditingkatkan, khususnya di dalam kelas. Bagi mahasiswa hendaknya lebih mempersiapkan terlebih dahulu sebelum mengikuti program pelatihan pengajaran baik itu PPL regular maupun KKN pendampingan SMK, khususnya pada penguasaan materi atau pada kompetensi professional. Dengan melihat rata-rata perbedaan kinerja mengajar antara mahasiswa yang mengikuti PPL regular dengan KKN pendampingan SMK yang tidak begitu bermakna. Maka disarankan untuk bagi Lembaga hendaknya memberikan kebijakan untuk PPL reguler untuk mengadopsi KKN Pendampingan SMK yang mahasiswanya untuk lebih dituntut kemandirianya di sekolah tempat praktik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pendampingan SMK. v
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 16:27
Last Modified: 07 Nov 2013 16:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18892

Actions (login required)

View Item View Item