PERBEDAAN LAY UP SHOOT DENGAN TAMBAHAN LATIHAN DOUBLE-LEG HOP PROGRESSION DAN LOMPAT KIJANG TERHADAP JARAK LOMPAT DAN HASIL LAY UP SHOOT DI EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG 2013

Andrea Yosi Nugroho, 6250408056 (2013) PERBEDAAN LAY UP SHOOT DENGAN TAMBAHAN LATIHAN DOUBLE-LEG HOP PROGRESSION DAN LOMPAT KIJANG TERHADAP JARAK LOMPAT DAN HASIL LAY UP SHOOT DI EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PERBEDAAN LAY UP SHOOT DENGAN TAMBAHAN LATIHAN DOUBLE-LEG HOP PROGRESSION DAN LOMPAT KIJANG TERHADAP JARAK LOMPAT DAN HASIL LAY UP SHOOT DI EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG 2013)
Download (11Mb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh latihan lay up shoot dengan tambahan latihan double-leg hop progression dan lompat kijang terhadap jarak lompat dan hasil lay up shoot di ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 2 Temanggung, serta manakah yang lebih efektif dalam meningkatkan jarak lompat dan hasil lay up shoot antara latihan double-leg hop progression dan latihan lompat kijang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh tambahan latihan double-leg hop progression dan lompat kijang terhadap jarak lompat dan hasil lay up shoot di ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 2 Temanggung, serta mengetahui manakah yang lebih efektif dalam meningkatkan jarak lompat dan hasil lay up shoot antara latihan double-leg hop progression dan latihan lompat kijang. Populasi penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Temanggung tahun 2013 sebanyak 27 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 18 siswa putra. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Variabel penelitian ini yaitu latihan double-leg hop progression dan lompat kijang sebagai variabel bebas serta jarak lompat dan hasil lay up shoot sebagai variabel terikat. Metode penelitian menggunakan eksperimen. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis data statistik T-test dengan bantuan program SPSS 19.0. Berdasarkan hasil penelitian bahwa latihan double-leg hop progression dan lompat kijang berpengaruh terhadap peningkatan jarak lompat ketika melakukan lay up shoot, dapat dilihat dari Sig (2-tailed) klompok eksperimen 1 dan 2 = 0,00 < 0,05 maka Ha diterima. Latihan double-leg hop progression tidak berpengaruh terhadap hasil lay up shoot dilihat dari Sig (2-tailed) klompok eksperimen 1 = 1,00 > 0,05 maka Ha ditolak, sedangkan lompat kijang berpengaruh terhadap hasil lay up shoot, dilihat dari Sig (2-tailed) klompok eksperimen 2 = 0,043 < 0,05 maka Ha diterima. Kesimpulan dari data diatas adalah latihan double-leg hop progression dan lompat kijang mampu meningkatkan jarak lompat, namun double-leg hop progression tidak bisa meningkatkan hasil lay up shoot. Jadi latihan lompat kijang lebih efektif dan efisien untuk meningkatkan jarak lompat dan hasil lay up shoot di ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 2 Temanggung. Disarankan agar pelatih maupun pengajar bola basket menggunakan latihan lompat kijang untuk meningkatkan jarak lompat dan hasil lay up shoot atlet.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Double-leg hop progression, lompat kijang, jarak lompat, dan hasil lay up shoot.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    O Sport > Physical fitness
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
    Depositing User: sriningwismi perpus unnes
    Date Deposited: 07 Nov 2013 11:27
    Last Modified: 07 Nov 2013 11:27

    Actions (login required)

    View Item