MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR DAN TRANSDUSER PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Huda Widiyantoro, 5301408080 (2013) MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR DAN TRANSDUSER PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR DAN TRANSDUSER PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR DAN TRANSDUSER PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang dapat dijadikan jembatan untuk menghubungkan dunia nyata dan menghadirkannya dihadapan siswa, sehingga pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran dapat mempengaruhi terhadap efektivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Dengan memanfaatkan software Macromedia Flash 8 Profesional akan dapat membuat suatu media pembelajaran yang menarik dan interaktif, sehingga materi-materi dalam mata kuliah Sensor dan Transduser seperti jenis-jenis sensor dapat dengan mudah dipahami oleh mahasiswa, karena ditampilkan dalam bentuk gambar animasi atau suatu simulasi yang atraktif. Permasalahannya adalah bagaimanakah mewujudkan suatu program media pembelajaran Sensor dan Tranduser yang menarik dan interaktif. Untuk itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kelayakan program media pembelajaran mata kuliah Sensor dan Transduser sebagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket kepada 1 orang dosen ahli media, 2 orang dosen ahli materi, dan 25 orang mahasiswa yang dijadikan sebagai responden atau objek penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis statistik deskripstif. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, program Media Pembelajaran Interaktif Sensor dan Transduser dikategorikan sebagai media yang layak digunakan untuk media pembelajaran dalam perkuliahan, karena mendapatkan penilaian dari mahasiswa dan dosen. Dari mahasiswa mendapatkan penilaian sebanyak 79,39% dengan pembagian penilaian variabel interaktif (80,96%) dan penilaian variabel menarik (77,82%), serta diperkuat dengan pendapat dari 3 dosen. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa Perencanaa media pembelajaran diwujudkan dengan silabus, menentukan materi, merencanakan desain program, pembuatan program, perbaikan program, dan validasi program. Berdasar penelitan terhadap mahasiswa media pembelajaran memenuhi kriteria interaktif dan menarik karena pada aspek interaktif mendapatkan prosentase 80.96% dan aspek menarik 77,82%. Tetapi menurut ahli media masih ada beberapa kekurangan seperti pada tampilan gambar, dan suara narasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, sensor dan transduser, Universitas Negeri Semarang
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 16:40
Last Modified: 07 Nov 2013 16:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18888

Actions (login required)

View Item View Item