ANALISIS FAKTOR PENYEBAB OBESITAS DAN CARA MENGATASI OBESITAS PADA REMAJA PUTRI (Studi Kasus Pada Siswi SMA Negeri 3 Temanggung)


Dewi Nur Wijayanti, 6250408055 (2013) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB OBESITAS DAN CARA MENGATASI OBESITAS PADA REMAJA PUTRI (Studi Kasus Pada Siswi SMA Negeri 3 Temanggung). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR PENYEBAB OBESITAS DAN CARA MENGATASI OBESITAS PADA REMAJA PUTRI (Studi Kasus Pada Siswi SMA Negeri 3 Temanggung)]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR PENYEBAB OBESITAS DAN CARA MENGATASI OBESITAS PADA REMAJA PUTRI (Studi Kasus Pada Siswi SMA Negeri 3 Temanggung))
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab pada remaja putri, untuk mengetahui ada tidaknya pencegahan obesitas yang sudah dilakukan pada remaja putri, dan untuk mengetahui ada tidaknya program latihan selama 1 bulan terhadap penurunan berat badan pada penderita obesitas remaja putri. Penelitian ini bersifat Kuantitatif dan survei test dengan metode “Pre Test- Post Test Group Desain”. Populasi penelitian ini adalah remaja putri penderita obesitas di SMA Negeri 3 Temanggung yang berjumlah 28 orang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling berjumlah 12 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) Tes untuk mengetahui berat badan dengan timbangan, 2) Pengisian angket guna mengetahui faktor penyebab obesitas, 3) Latihan senam aerobik dan pengaturan pola makan. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan metode statistik uji t berpasangan (paired test) pada SPSS 17 dengan derajat kemaknaan sebesar (α)= 0,05. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa remaja putri mengalami obesitas sejak masa balita, remaja putri yang mengalami obesitas disebabkan karena banyak ngemil dan makan makanan instan, dan remaja putri yang mengalami obesitas disebabkan karena kurang aktivitas fisik. Sedangkan hasil penelitian yang dilakukan selama 4 minggu dengan frekuensi 3 kali per minggu menunjukkan bahwa : 1) IMT pre test 25,13, post test 23,99. Dari hasil uji t didapatkan thitung = 12,678> ttabel = 0,000 pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji paired t test berat badan dapat dinyatakan bahwa thitung > ttabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat penurunan berat badan sebelum dan sesudah melakukan pengaturan pola makan dan senam aerobik dilihat dari IMT. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa latihan senam aerobik dan pengaturan pola makan berpengaruh terhadap berat badan pada remaja putri penderita obesitas. Disarankan bagi remaja putri penderita obesitas yang ingin menurunkan berat badan dapat melakukan: 1) latihan senam aerobik jens low impact, minimal 3 kali per minggu karena senam aerobik jenis low impact paling tepat untuk program penurunan berat badan dan paling efektif membakar lemak, 2) pengaturan program pola makan karena dapat mempercepat penurunan berat badan jika di imbangi dengan mengatur pola makan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Obesitas, Program Latihan, Remaja Putri.
Subjects: O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 16:38
Last Modified: 07 Nov 2013 16:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18887

Actions (login required)

View Item View Item