STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR IPS SEJARAH ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN METODE CERAMAH BERVARIASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SLAWI TAHUN AJARAN 2012/2013


Uki Tri Madani , 3101407031 (2013) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR IPS SEJARAH ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN METODE CERAMAH BERVARIASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SLAWI TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR IPS SEJARAH ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN METODE CERAMAH BERVARIASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SLAWI TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR IPS SEJARAH ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN METODE CERAMAH BERVARIASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SLAWI TAHUN AJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Seorang guru memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan suatu pembelajaran. Guru diharapkan mampu menumbuhkan motivasi dalam diri siswa dan membuat siswa tertarik pada mata pelajaran yang di sampaikan sehingga mendorong siswa untuk aktif belajar. Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, seorang guru dituntut untuk terampil dan variatif dalam menggunakan model-model pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan agar menunjang terciptanya kegiatan belajar mengajar yang efektif. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick diharapkan peserta didik lebih aktif dalam proses belajar mengajar, peserta didik lebih berani untuk mengemukakan pendapatnya dan membangkitkan rasa percaya diri siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Slawi yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick, (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Slawi yang diajar dengan metode ceramah bervariasi, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan metode ceramah bervariasi. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen menggunakan desain randomized pretest-posttest. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A dan kelas VIII B, pengambilan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama (homogeny). Data hasil belajar siswa sebelum perlakuan menunjukan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 41,11 dan kelas kontrol 43,25 sedangkan nilai rata-rata post test untuk kelas eksperimen 80,39 kategori nilai memuaskan dan kelas kontrol 75,19 kategori nilai memuaskan. Hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen meningkat 40,28 dan hasil belajar siswa untuk kelas kontrol meningkat 31,94. Hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh sig (2-tailed) = 0,027 kurang dari taraf signifikan (α) = 0,05 maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi pada pokok bahasan proses perkembangan kolonialisme dan imperalisme barat di Indonesia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Slawi. Saran yang diberikan kepadan guru, agar lebih aktif mencari model-model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakter siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: talking stick, ceramah, hasil belajar, pembelajaran IPS sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 12:20
Last Modified: 07 Nov 2013 12:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18886

Actions (login required)

View Item View Item