PENGARUH LATIHAN PLIOMETRIK STANDING JUMP OVER DAN ONE LEGGED REACTIVE JUMP OVER TERHADAP HASIL TENDANGAN JARAK JAUH PADA PEMAIN SSB IMAGE U-15 KECAMATAN BOJA


Didy Kurnia Rohman, 6250408048 (2013) PENGARUH LATIHAN PLIOMETRIK STANDING JUMP OVER DAN ONE LEGGED REACTIVE JUMP OVER TERHADAP HASIL TENDANGAN JARAK JAUH PADA PEMAIN SSB IMAGE U-15 KECAMATAN BOJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LATIHAN PLIOMETRIK STANDING JUMP OVER DAN ONE LEGGED REACTIVE JUMP OVER TERHADAP HASIL TENDANGAN JARAK JAUH PADA PEMAIN SSB IMAGE U-15 KECAMATAN BOJA]
Preview
PDF (PENGARUH LATIHAN PLIOMETRIK STANDING JUMP OVER DAN ONE LEGGED REACTIVE JUMP OVER TERHADAP HASIL TENDANGAN JARAK JAUH PADA PEMAIN SSB IMAGE U-15 KECAMATAN BOJA)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1). Apakah ada pengaruh latihan Standing jump Over terhadap hasil tendangan jarak jauh pada pemain SSB IMAGE U-15 Kec. Boja?, 2). Apakah ada pengaruh latihan One Legged Reactive Jump Over terhadap hasil tendangan jarak jauh pada pemain SSB IMAGE U-15 Kec. Boja?, 3). Latihan manakah yang lebih baik antara latihan Standing jump Over dibanding dengan latihan One Legged Reactive Jump Over terhadap hasil tendangan jarak jauh pada pemain SSB IMAGE U-15 Kec. Boja? Tujuan dari penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui pengaruh latihan Standing jump Over terhadap hasil tendangan jarak jauh pada pemain SSB IMAGE U-15 Kec. Boja, 2) Untuk mengetahui pengaruh latihan One Legged Reactive Jump Over terhadap hasil tendangan jarak jauh pada pemain SSB IMAGE U-15 Kec. Boja, 3). Untuk mengetahui latihan mana yang lebih baik antara latihan Standing Jump Over dibanding dengan latihan One Legged Reactive Jump Over terhadap hasil tendangan jarak jauh pada pemain SSB IMAGE U-15 Kec. Boja? Populasi penelitian ini adalah pemain SSB IMAGE U-15 yang berjumlah 22 pemain. Sampel dalam penelitian berjumlah 22 pemain. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Variabel penelitian ini yaitu latihan Standing jump Over dan One Legged Reactive Jump Over sebagai variabel bebas serta hasil tendangan jarak jauh sebagai variabel terikat. Metode penelitian menggunakan eksperimen. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis data statistik dengan rumus t-test. Simpulan penelitian adalah bahwa latihan Standing jump Over dan One Legged Reactive Jump Over berpengaruh terhadap hasil tendangan jarak jauh pada pemain SSB IMAGE U-15 Kec. Boja dan latihan One Legged Reactive Jump Over lebih baik dibanding dengan latihan Standing jump Over terhadap hasil tendangan jarak jauh pada pemain SSB IMAGE U-15 Kec. Boja. Saran dari peneliti : 1) Diharapkan para pemain atau para pelatih sepakbola pada umumnya serta pemain dan pelatih SSB IMAGE Kec. Boja dalam membina kemampuan khususnya untuk meningkatkan daya ledak otot tungkai bisa menggunakan metode latihan plaiometrik yang salah satunya yaitu latihan One Legged Reactive Jump sebaiknya dilakukan diawal latihan dan diawali dengan pemanasan. 2) Kepada peneliti lain, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pembanding untuk penelitian sejenis lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pliometrik, Standing jump Over, One Legged Reactive Jump Over, dan hasil tendangan jarak jauh.
Subjects: O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 16:42
Last Modified: 07 Nov 2013 16:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18885

Actions (login required)

View Item View Item