KOMPETENSI SISWA KELAS XII REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL) SMK NEGERI 5 KENDAL MEMASUKI DUNIA KERJA DALAM BIDANG WEB PROGRAMMING


Indra Ardiyansah, 5301408057 (2013) KOMPETENSI SISWA KELAS XII REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL) SMK NEGERI 5 KENDAL MEMASUKI DUNIA KERJA DALAM BIDANG WEB PROGRAMMING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOMPETENSI SISWA KELAS XII REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL) SMK NEGERI 5 KENDAL MEMASUKI DUNIA KERJA DALAM BIDANG WEB PROGRAMMING]
Preview
PDF (KOMPETENSI SISWA KELAS XII REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL) SMK NEGERI 5 KENDAL MEMASUKI DUNIA KERJA DALAM BIDANG WEB PROGRAMMING)
Download (2MB) | Preview

Abstract

SMK merupakan sekolah yang mempersiapkan siswanya dengan berbagai kompetensi keahlian di bidang tertentu untuk dapat memasuki dunia kerja. Dengan dibekali kompetensi keahlian tersebut para siswa dapat terampil, terdidik dan professional serta menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi secara optimal dan produktif. Sehingga siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dapat siap menjadi tenaga kerja tingkat menengah dan dapat bersaing dalam perkembangan era teknologi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kompetensi siswa kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK N 5 Kendal untuk memasuki dunia kerja dalam bidang web programming berdasarkan SKKNI Rekayasa Perangkat Lunak Kode Unit TIK.PR08.009.01 dengan Judul Unit Membuat Program Aplikasi Web Berbasis PHP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 5 Kendal. Sampel dalam penelitian ini adalah siwa kelas XII RPL SMK Negeri 5 Kendal yang berjumlah 108 siswa. Pengambilan sampling menggunakan teknik total sampling sehingga diperoleh sebanyak 108 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi yang dilakukan dengan tes. Pengujian instrumen dilakukan menggunakan validitas konstruks. Hasil penelitian pada aspek menjelaskan kebutuhan software mempunyai persentase sebesar 98,38% masuk dalam kriteria sangat kompeten. Pada aspek menjelaskan konsep array, variabel dan variabel internal diperoleh persentase sebesar 58,33% masuk dalam kriteria cukup kompeten. Kemudian pada aspek menjelaskan control structure dalam PHP diperoleh persentase sebesar 76,19% masuk dalam kriteria kompeten. Selanjutnya untuk aspek menerapkan fungsi dan kelas diperoleh persentase sebesar 27,31% masuk dalam kriteria tidak kompeten. Pada aspek yang terakhir yaitu melakukan koneksi database dan memanipulasi data diperoleh persentase sebesar 31,48% masuk dalam kriteria tidak kompeten. Persentase dari semua aspek sebesar 49,00%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat kompetensi siswa kelas XII RPL SMK Negeri 5 Kendal masuk dalam kriteria cukup kompeten untuk memasuki dunia kerja dalam bidang web programming. Adapun saran yang dapat diajukan antara lain guru diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran mengenai web programming, selain itu dari pihak sekolah agar menambah lagi fasilitas berupa komputer sehingga siswa tidak saling berebut saat praktik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Rekayasa Perangkat Lunak, Dunia Kerja, Web Programming
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 16:41
Last Modified: 07 Nov 2013 16:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18884

Actions (login required)

View Item View Item