STUDI KREATIVITAS GURU SEJARAH DALAM PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SERTA KESESUAIAN DENGAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN DI SMA SE-KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2011/2012

Dani Triuji, 3101407021 (2013) STUDI KREATIVITAS GURU SEJARAH DALAM PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SERTA KESESUAIAN DENGAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN DI SMA SE-KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (STUDI KREATIVITAS GURU SEJARAH DALAM PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SERTA KESESUAIAN DENGAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN DI SMA SE-KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2011/2012) - Published Version
Download (1051Kb)

    Abstract

    Kreativitas pada intinya merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk cirri-ciri aptitude maupun non aptitude, baik dalam karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang semuanya itu relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Berdasarkan latar belakang dan identifikasi dirumuskan permasalahan sebagai berikut:Bagaimanakah kreativitas guru-guru sejarah di SMA Se-Kab. Jepara tahun ajaran 2011/2012 dalam menyusun perangkat pembelajaran?, Bagaimanakah kualitas perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru-guru sejarah di kabupaten jepara tahun ajaran 2011/2012? ,Apakah perangkat pembelajaran yang telah disusun oleh guruguru sejarah SMA se-kab. Jepara tahun ajaran 2011/2012 dapat di implemntasikan dengan tepat? Untuk menjawab pertanyaan diatas metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaksi, dan prosedur penelitian meliputi tahap Pengumpuan data, Reduksi data, Penyajian data, dan Kesimpuan. Dari hasil penelitian dan analisis data, proses pembelajaran sejarah Di SMA se-Kabupaten Jepara guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan tanya jawab serta diselingi dengan nonton film dokumenter di ruang Audio Visual. Guru cenderung kurang kreatif dalam penggunaan metode dan media pembelajaran. Sebenarnya sarana dan prasarana yang ada disekolah cukup memadai, namun keterbatasan waktu yang menjadi kendala. Alokasi waktu yang sangat kurang dengan muatan materi yang disampaikan masih banyak, membuat guru belum dapat memaksimalkan materi yang disampaikan dalam proses belajar mengajar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Studi kreativitas, guru sejarah, perangkat pembelajaran, dan implementasi
    Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 07 Nov 2013 07:13
    Last Modified: 07 Nov 2013 07:13

    Actions (login required)

    View Item