PEMANFAATAN TINTA DAN PASTEL (MIXED MEDIA) UNTUK PEMBELAJARAN SENI LUKIS DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 DORO KABUPATEN PEKALONGAN


Raphita Ilmiyati , 2401408015 (2013) PEMANFAATAN TINTA DAN PASTEL (MIXED MEDIA) UNTUK PEMBELAJARAN SENI LUKIS DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 DORO KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of  PEMANFAATAN TINTA DAN PASTEL (MIXED MEDIA) UNTUK PEMBELAJARAN SENI LUKIS DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 DORO KABUPATEN PEKALONGAN]
Preview
PDF ( PEMANFAATAN TINTA DAN PASTEL (MIXED MEDIA) UNTUK PEMBELAJARAN SENI LUKIS DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 DORO KABUPATEN PEKALONGAN)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Media merupakan hal pokok dalam proses berkreasi siswa. Selama ini, kreativitas anak dalam berkarya seni rupa cenderung masih terkekang dan terhambat karena keterbatasan media. Keterbatasan media tersebut dapat terjadi karena beberapa sebab, salah satunya adalah karena faktor latar belakang siswa dengan kemampuan ekonomi orang tua siswa yang tergolong menengah ke bawah. Hal di atas terjadi di SMP Negeri 3 Doro Kabupaten Pekalongan. Pada sekolah tersebut dalam pembelajaran seni lukis masih menggunakan media lukis yang seadanya. Media yang digunakan siswa untuk kegiatan melukis antara lain: pastel, pensil warna dan cat air. Akan tetapi tidak semua siswa memiliki media lukis yang digunakan untuk berkarya, karena memang kemampuan ekonomi siswa yang lemah. Untuk mengatasi hal tersebut, kiranya diperlukan suatu pemanfaatan media yang bisa diaplikasikan untuk pembelajaran seni lukis, dengan hasil karya yang lebih baik dan lebih merangsang kreativitas siswa untuk berkarya. Media yang dapat digunakan adalah tinta dan pastel. Sebab, kedua media tersebut merupakan media yang mudah diperoleh siswa, dan harganya tidak mahal. Sehingga semua siswa dengan kemampuan ekonomi menengah ke bawah akan sanggup untuk mendapatkannya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pemanfaatan tinta dan pastel untuk pembelajaran seni lukis di SMP N 3 Doro, (2) bagaimana hasil pembelajaran seni lukis dengan pemanfaatan tinta dan pastel di SMP N 3 Doro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian yang diterapkan meliputi; (1) survei pendahuluan ke sekolah, (2) pengamatan sebelum perlakuan, (3) pengamatan terkendali I, (4) evaluasi dan rekomendasi, (5) pengamatan terkendali II, dan (6) evaluasi dan rekomendasi atau hasil. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi terkendali dengan didukung wawancara, dokumentasi foto, serta tes penugasan. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pemanfaatan tinta yang sifatnya cair dan pastel yang mengandung minyak dapat digunakan secara bersama seperti membuat batik untuk pembelajaran seni lukis di kelas VIII B SMP Negeri 3 Doro Kabupaten Pekalongan. Diketahui bahwa melukis dengan tinta dan pastel hasil karya lukis siswa kelas VIII B berkembang dalam aspek perencanaan, kreativitas, teknik dan komposisi. Pemanfaatan tinta dan pastel ini dilakukan dalam pembelajaran dengan 2 kali pertemuan, yang digunakan untuk membuat karya untuk melukis dengan objek ikan dan binatang yang ada di sekitar. Setelah peneliti melakukan pengamatan terkendali I dan terkendali II, diketahui bahwa siswa telah dapat memahami materi melalui pemanfaatan tinta dan pastel dalam berkarya seni lukis. Nilai rata-rata kelas dari 24 siswa pada pengamatan terkendali I dan terkendali II meningkat dari 78 (kategori cukup) menjadi 81 (kategori baik). Saran yang diberikan peneliti: (1) perlu penggunaan media berkarya yang sesuai dengan keadaan siswa, yang mudah diperoleh siswa dan ekonomis, (2) guru Seni Rupa tidak ada jeleknya jika menggunakan tinta dan pastel sebagai media berkarya dalam pembelajaran seni lukis, karena kedua bahan tersebut ekonomis dan mudah diperoleh siswa, (3) kurangnya kemampuan siswa dalam menentukan ide dan mengembangkan kreativitas, hendaknya guru lebih memotivasi baik itu secara visual maupun verbal, dan memberikan penjelasan tentang kreativitas sehingga ide siswa mampu berkembang dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Seni Rupa, Belajar dan Pembelajaran, Pembelajaran Seni Rupa, Pembelajaran Seni Lukis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > ND Painting
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 16:42
Last Modified: 07 Nov 2013 16:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18881

Actions (login required)

View Item View Item