EFEKTIFITAS METODE MNEMONIK DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 SATU ATAP SLUKE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Kartika Asmarani, 3101407003 (2013) EFEKTIFITAS METODE MNEMONIK DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 SATU ATAP SLUKE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIFITAS METODE MNEMONIK DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 SATU ATAP SLUKE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS METODE MNEMONIK DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 SATU ATAP SLUKE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran sejarah hanya dianggap sebatas dongeng. Guru sebagai pendongeng dan peserta didik menyimak, begitu seterusnya. Kenyataan di atas menjadikan mata pelajaran sejarah sebagai mata pelajaran yang kurang diminati. Metode pengajaran yang monoton menjadikan siswa tidak memiliki intensitas perhatian yang optimal. Penyebab inti dari itu semua adalah kesulitan siswa untuk menghapalkan sederet peristiwa dan fakta yang harus dihafal, hal inilah yang membuat siswa menjadi sulit untuk mendapatkan nilai yang optimal. Daya ingat memiliki peran yang penting dalam proses pendidikan, sebab dari daya ingatlah prestasi siswa ditentukan. Daya ingat yang rendah akan mengganggu siswa dalam belajar, terutama pada mata pelajaran sejarah yang menuntut siswa untuk mengingat fakta-fakta historis. Mnemonik sebagai strategi pembelajaran dimana metode mnemonik dapat membantu memperkuat daya ingat siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui tingkat daya ingat siswa kelompok perlakuan pada mata pelajaran sejarah yang diujikan setelah perlakuan (2) mengetahui tingkat daya ingat siswa kelompok kontrol pada mata pelajaran sejarah yang diujikan setelah perlakuan (3) menemukan efektifitas metode mnemonik dalam meningkatkan kemampuan mengingat mata pelajaran sejarah. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan adalah kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol. Dengan menggunakan data pre test dilakukan uji normalitas, homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata sebelum kelas tersebut mendapatkan perlakuan, dilanjutkan dengan pembelajaran diakhiri dengan pos test. Pada analisis data tahap awal setelah dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dua pihak diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa relatif sama. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata pos test kelas eksperimen adalah 80,56 dan rata-rata kelas kontrol adalah 71,85. Kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai dua varians yang sama. Dengan tingkat kepercayaan = 95% atau () = 0,05. banyaknya siswa pada kelas eksperimen =24 dan banyaknya siswa pada kelas kontrol = 30 diperoleh ttabel= 2,033. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung= 3.737 > 2,033. jadi H1 diterima jadi terdapat perbedaaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode mnemonik dikatakan efektif bila nilai hasil belajar ≥ 75. Dengan kata lain siswa yang diberikan metode pembelajaran mnemonik lebih baik untuk meningkatkan kemampuan mengingat siswa pada mata pelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mnemonik, daya ingat
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 12:03
Last Modified: 07 Nov 2013 12:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18880

Actions (login required)

View Item View Item