HUBUNGAN ANTARA CAPAIAN PEMBELAJARAN TEORI MERAKIT PC DENGAN KINERJA DALAM PRAKTIKUM MERAKIT PC PADA PROGRAM REKAYASA PERANGKAT LUNAK KELAS X DI SMK N 2 PURWAKARTA


Dani Rochadi, 5301408053 (2013) HUBUNGAN ANTARA CAPAIAN PEMBELAJARAN TEORI MERAKIT PC DENGAN KINERJA DALAM PRAKTIKUM MERAKIT PC PADA PROGRAM REKAYASA PERANGKAT LUNAK KELAS X DI SMK N 2 PURWAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA CAPAIAN PEMBELAJARAN TEORI 	  MERAKIT PC DENGAN KINERJA DALAM PRAKTIKUM 	  MERAKIT PC PADA PROGRAM REKAYASA PERANGKAT 	  LUNAK KELAS X DI SMK N 2 PURWAKARTA 	 ]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA CAPAIAN PEMBELAJARAN TEORI MERAKIT PC DENGAN KINERJA DALAM PRAKTIKUM MERAKIT PC PADA PROGRAM REKAYASA PERANGKAT LUNAK KELAS X DI SMK N 2 PURWAKARTA )
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu tujuan pembelajaran dalam hasil belajar mencakup tiga ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Sesuai dengan tujuan pencapaian pebelajaran menjadikan siswa mampu menghasilkan kinerja tinggi dalam pelajaran merakit PC. Penelitian ini untuk mengetahui berapa tinggi tingkat pencapaian hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran praktikum merakit PC. Serta mengetahui hubungan pencapaian pembelajaran teori merakit PC dengan kinerja siswa dalam praktikum merakit PC Jurusan RPL kelas X di SMK N 2 Purwakarta. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X progam keahlian Rekayasa Perangkat Luak SMK N 2 Purwakarta sebanyak 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X RPL 1 sebanyak 35 siswa. Variabel yang diteliti ada dua yaitu pencapaian pembelajaran teori merekait PC pada praktikum merakit PC rogram rekayasa perangkat lunak sebagai variabel bebas dan kinerja siswa dalam praktikum merakit PC kelas X SMK N 2 Purwakarta tahun pelajaran 2011/2012 sebagai variabel terikat. Data diperoleh dengan observasi, dokumentasi dan test. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat ada hubungan yang signifikan antara pencapaian pembelajaran teori merakit PC dengan kinerja siswa dalam praktikum merakit PC jurusan RPL kelas X di SMK N 2 Purwakarta. Dengan uji korelasi diperoleh nilai rtabel = 0,235 > sedang rxy = 0,407,karena rxy > rtabel dengan demikian maka Ha diterima dan hipotesis yang diuji adalah terbukti. Saran yang dapat diberikan dari peneliti penelitian ini adalah bagi siswa lebih meningkatkan penguasaan teori belajar sebelum melakukan praktikum merakit PC dan bagi guru hendaknya dapat membantu siswa untuk meningkatkan penguasaan teori belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pencapaian pembelajaran teori, Kinerja dalam praktikum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 16:44
Last Modified: 07 Nov 2013 16:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18877

Actions (login required)

View Item View Item