MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERKEMBANGAN AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU – BUDHA DI INDONESIA MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH PADA SISWA KELAS XI MO 3 SMK NUSANTARA GUBUG MELALUI PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAAN

Ashari Khairul Santoni , 3101406580 (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERKEMBANGAN AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU – BUDHA DI INDONESIA MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH PADA SISWA KELAS XI MO 3 SMK NUSANTARA GUBUG MELALUI PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERKEMBANGAN AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU – BUDHA DI INDONESIA MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH PADA SISWA KELAS XI MO 3 SMK NUSANTARA GUBUG MELALUI PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAAN) - Published Version
Download (9Mb)

    Abstract

    Latar Belakang masalah dari penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS Sejarah dan juga pemanfaatan waktu belajar siswa yang terbatas di dalam kurikulum pembelajaran di SMK, apakah penggunaan blog sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar ips sejarah siswa kelas XI MO 3 SMK Nusantara Gubug tahun ajaran 2012 / 2013. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar sejarah siswa kelas XI MO 3 SMK Nusantara Gubug melalui penggunaan blog sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber kajian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MO 3 SMK Nusantara Gubug. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu (1) dokumentasi, (2) Tes, (3) observasi, penelitian ini dilakukan selama dua siklus sekaligus dengan langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SMK Nusantara Gubug kelas XI MO 3 sebelum tindakan diperoleh nilai rata – rata 65,34 dengan persentase ketuntasan klasikal 52,6%. Pada Siklus I setelah diadakan penelitian diperoleh nilai rata-rata 67,2 dengan persentase ketuntasan klasikal 66,67%. Pada siklus I nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal belum mencapai indikator, sehingga perlu diadakan siklus II. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata meningkat menjadi 75,37 . Persentase ketuntasan belajar klasikal juga meningkat sebesar 15,9% dari 66,67% pada siklus II menjadi 92,59%. Berdasarkan observasi, penelitian, pembahasan serta analisis data yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ips materi sejarah dengan menggunakan blog sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MO 3 SMK Nusantara Gubug. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah guru dapat menggunakan blog sebagai media pembelajaran sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran ips materi sejarah untuk meningkatkan keaktivan, minat, pemahaman, dan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah, Media Pembelajaran Blog
    Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 07 Nov 2013 06:57
    Last Modified: 07 Nov 2013 06:57

    Actions (login required)

    View Item