MEDIA PEMBELAJARAN MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN BERTINGKAT PADA MATA PELAJARAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 1 SEMARANG


Heri Kiswanto, 5301407005 (2013) MEDIA PEMBELAJARAN MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN BERTINGKAT PADA MATA PELAJARAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MEDIA PEMBELAJARAN MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN BERTINGKAT PADA MATA PELAJARAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 1 SEMARANG]
Preview
PDF (MEDIA PEMBELAJARAN MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN BERTINGKAT PADA MATA PELAJARAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 1 SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu unsur konkrit yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sejalan dengan itu, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah masalah prestasi belajar. Faktor yang menyebabkan prestasi belajar tersebut mengalami kegagalan dalam bidang akademik baik faktor-faktor yang berada dalam diri siswa maupun faktor-faktor yang berada diluar diri siswa seperti tingkat intelegensi yang rendah, kurangnya motivasi belajar, cara belajar yang kurang efektif, jumlah waktu belajar, tingkat disiplin diri yang rendah, media belajar atau bahan ajar yang masih kurang disediakan pihak sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah merencanakan, membuat atau memproduksi dan menguji perangkat lunak berupa multimedia interaktif untuk pembelajaran mata pelajaran instalasi listrik dengan macromedia flash dan apakah pemakaian multimedia animasi gambar gerak ini sesuai untuk digunakan di SMK. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah merencanakan, membuat atau memproduksi dan menguji perangkat lunak berbentuk multimedia interaktif untuk membantu pembelajaran dalam penyajian materi mata pelajaran “Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik” pada program keahlian teknik instalasi listrik di SMK. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penyelesaian penelitian ini dengan wawancara, dokumentasi, dan angket / cheklist. Hasil ujicoba media pembelajaran secara keseluruhan responden, dari pakar multimedia menyatakan 77,66 % dengan kriteria baik, dari guru menyatakan 91,33 % dengan kriteria baik, dari siswa di bagi dua variabel yaitu variabel tanggapan dari siswa menyatakan 77,16 % dengan kriteria baik dan variabel sikap siswa menyatakan 75,58 % dengan kriteria baik. Hasil ujicoba kepada seluruh responden media pembelajaran instalasi listrik pada mata pelajaran “Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Bertingkat” ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK dan telah memenuhi indikator keberhasilan dengan prosentase rata-rata sebesar 80,40 % atau dalam kategori baik. Program Media Pembelajaran ini sebaiknya digunakan sebagai media pembelajaran tambahan untuk mata pelajaran instalasi listrik. Perlu diadakannya penelitian lanjutan tentang pengembangan Program Media Pembelajaran Elektronik dengan model yang lain sebagai tambahan sarana pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media, pembelajaran, instalasi penerangan listrik, bangunan bertingkat.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Nov 2013 11:48
Last Modified: 07 Nov 2013 11:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18872

Actions (login required)

View Item View Item