TROUBLESHOOTING SISTEM EPI ( ELECTRONIC PETROL INJECTION ) PADA MESIN SUZUKI CARRY FUTURA 1.5 G15A

Ali Imron, 5211310023 (2013) TROUBLESHOOTING SISTEM EPI ( ELECTRONIC PETROL INJECTION ) PADA MESIN SUZUKI CARRY FUTURA 1.5 G15A. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (TROUBLESHOOTING SISTEM EPI ( ELECTRONIC PETROL INJECTION ) PADA MESIN SUZUKI CARRY FUTURA 1.5 G15A) - Published Version
Download (3087Kb)

    Abstract

    Seiring semakin pesatnya kemajuan teknologi jaman sekarang khususnya pada bidang otomotif, mendorong manusia untuk selalu berfikir lebih keras guna mempelajari lebih jauh tentang komponen-komponen pada mesin, salah satunya yaitu sistem kontrol elektronik. Penulisan laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi sensor - sensor, menjelaskan prinsip kerja dan cara kerja, serta dapat melakukan analisis ganguan atau Troublehooting yang terjadi pada mesin Suzuki Carry Futura 1.5 G15A. Prinsip kerja Suzuki Carry Futura 1.5 G15A sama dengan prinsip kerja EFI yaitu sistem yang digunakan pada electronic fuel injection terbagi atas sensor-sensor dan actuator. Sensor-sensor merupakan informan atau pemberi informasi tentang kondisi-kondisi yang berkaitan dengan penentuan jumlah bahan bakar yang harus diinjeksikan. Pemberian informasi dapat berupa sinyal analog ataupun digital. Sensor-sensor yang mengirim informasi dalam bentuk analog seperti misalnya TPS (Throttle Position Sensor). Sedangkan actuator merupakan bagian / komponen yang akan diperintah oleh ECU dan perintah dapat berupa analog ataupun digital. Pemberian perintah berupa analog diberikan pada pompa bensin elektrik dan lampu engine kontrol. Sedangkan pemberian perintah berupa sinyal digital diberikan pada injector, coil pengapian, dan pengatur idle. Troubleshooting pada mesin Suzuki Carry Futura 1.5 G15A berfungsi untuk mendeteksi bagian yang mengalami gangguan dengan mengirim tanda berupa engine lamp pada dashboard menyala. Pemerikasaan berbagai sensor yang meliputi CMP, CKP, ECT, TP, MAP, IAT sensor dan actuator. Pemeriksaan analisis gangguan pada sistem kontrol elektronik dapat dilakukan dengan cara menggunakan alat scan kendaraan (scantool).

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Troubleshooting, prinsip kerja, analisis gangguan
    Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 07 Nov 2013 06:44
    Last Modified: 07 Nov 2013 06:44

    Actions (login required)

    View Item