KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL MMP BERBANTUAN CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFMATEMATIS SISWA KELAS X SMA PADA MATERI DIMENSI TIGA


Noviana Pramudiyanti, 4101409071 (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL MMP BERBANTUAN CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFMATEMATIS SISWA KELAS X SMA PADA MATERI DIMENSI TIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL MMP BERBANTUAN CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFMATEMATIS SISWA KELAS X SMA PADA MATERI DIMENSI TIGA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL MMP BERBANTUAN CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFMATEMATIS SISWA KELAS X SMA PADA MATERI DIMENSI TIGA)
Download (7MB) | Preview

Abstract

Daya kompetitif suatu bangsa sangat ditentukan oleh kreativitas sumber daya manusianya. Kemampuan berpikir kreatif penting untuk dimiliki setiap orang, karena dengan kemampuan berpikir kreatif seseorang dapat memiliki kemampuan fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Dalam berpikir kreatif siswa juga memerlukan keaktifan dalam proses pembelajaran. Tanpa keaktifan proses pembelajaran tidak mungkin berlangsung dengan baik. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa siswa akan berpikir kreatif apabila siswa juga aktif dalam pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran dengan model Missouri Mathematics Project (MMP) dibantu dengan software Cabri 3D untuk membantu siswa dalam membayangkan hal-hal keruangan dalam dimensi tiga. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah model pembelajaran MMP berbantuan Cabri 3D efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas X pada materi dimensi tiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosobo tahun pelajaran 2012/2013. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih sampel kelas X-4 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori dan kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran model MMP berbantuan software Cabri 3D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model pembelajaran MMP berbantuan Cabri 3D dapat mencapai ketuntasan belajar, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model pembelajaran MMP berbantuan Cabri 3D lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pembelajaran ekspositori, dan terdapat pengaruh keaktifan siswa dengan model pembelajaran MMP berbantuan Cabri 3D terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Simpulan yang diperoleh yaitu kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model pembelajaran MMP berbantuan Cabri 3D mencapai ketuntasan belajar, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model pembelajaran MMP berbantuan Cabri 3D lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pembelajaran ekspositori, serta terdapat pengaruh keaktifan siswa dengan model pembelajaran MMP berbantuan Cabri 3D terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Peneliti menyarankan bahwa pembelajaran model MMP berbantuan Cabri 3D diimplementasikan sebagai alternatif dalam pembelajaran materi dimensi tiga dengan pemberian soal yang bervariasi agar siswa tidak merasa bosan dalam mengerjakan latihan soal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, kemampuan berpikir kreatif matematika, Missouri Mathematisc Project (MMP).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 16:44
Last Modified: 07 Nov 2013 16:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18866

Actions (login required)

View Item View Item