KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER MODEL TUTORIAL DENGAN MEDIA VISUAL NOVEL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK


Yan Amal Abdilah, 4101409057 (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER MODEL TUTORIAL DENGAN MEDIA VISUAL NOVEL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER MODEL TUTORIAL DENGAN MEDIA VISUAL NOVEL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER MODEL TUTORIAL DENGAN MEDIA VISUAL NOVEL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK)
Download (9MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika peserta didik secara umum masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran matematika yang berpusat pada guru sehingga banyak peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran dan cenderung menghafal pelajaran. Untuk itu, perlu diciptakan proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dimana peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran Berbantuan Komputer Model Tutorial merupakan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dalam pembelajaran ini peserta didik berinteraksi secara langsung dengan media komputer. Pembelajaran ini memberikan peran guru sebagai fasilitator dan mengatur berjalannya kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini, media yang digunakan berupa Visual Novel. Media ini memuat cerita yang menarik. Cerita ini diberikan pada awal pembelajaran dan akhir pembelajaran. Sebelum mendapatkan cerita pada akhir pembelajaran, peserta didik dituntut menyelesaikan soal-soal latihan dengan benar. Penyajian cerita bertujuan untuk memotivasi peserta didik dalam mempelajari materi yang diberikan sehingga dapat mengerjakan soal latihan dengan baik guna mendapatkan cerita pada akhir pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Pembelajaran Berbantuan Komputer Model Tutorial dengan media Visual Novel terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII pada materi segiempat. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 tahun pelajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling. Terpilih peserta didik kelas VII-A sebagai kelompok eksperimen dan peserta didik kelas VII-C sebagai kelompok kontrol. Data diperoleh dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji proporsi dan uji t. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan menerapkan Pembelajaran Berbantuan Komputer Model Tutorial dengan Media Visual Novel mencapai KKM Individual dan Klasikal. Disimpulkan pula bahwa rata-rata nilai hasil belajar matematika peserta didik yang memperoleh pembelajaran yang menerapkan Pembelajaran Berbantuan Komputer dengan Media Visual Novel pada materi segiempat lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan menerapkan model Direct Instruction.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan pembelajaran, Pembelajaran Berbantuan Komputer, Pembelajaran Berbantuan Komputer Model Tutorial, Visual Novel, Hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:03
Last Modified: 07 Nov 2013 17:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18865

Actions (login required)

View Item View Item