KEEFEKTIFAN MODEL SAVI BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII

Arif Fajar Ramadhan, 4101409056 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL SAVI BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL SAVI BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII)
Download (5Mb)

    Abstract

    Pembelajaran matematika bukan hanya tentang mengajarkan materi. Aplikasi dari meteri perlu disampaikan untuk menambah makna dari pembelajaran. Soal cerita menjadi salah satu cara untuk mengaplikasikan materi guna memecahkan permasalahan sehari-hari. Kesulitan dalam menerjemahkan kalimat dalam soal menjadi alasan kesalahan menyelesaikan soal cerita. Diperlukan suatu inovasi dalam pembelajaran mengatasi kesulitan dalam memecahkan soal cerita. Salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran SAVI berbantuan CD pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ungaran tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari delapan kelas. Sampel dalam penelitian kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajan SAVI berbantuan CD pembelajaran. Sedangkan kelas VII D sebagai kelas kontrol mendapat pembelajaran ekspositori. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model SAVI berbantuan CD pembelajaran terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi segiempat kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita pada kelas eksperimen mencapai KKM. Persentase banyaknya siswa yang tuntas KKM pun melebihi ketuntusan klasikal minimal. Kemampuan menyelesaikan soal cerita pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkanpada kelas kontrol. Hal tersebut terlihat dari rata-rata nilai dan persentase siswa yang tuntas KKM pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Model SAVI berbantuan CD pembelajaran efektif terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi segiempat kelas VII.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: CD pembelajaran, model SAVI, soal cerita, segiempat.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: yuniati perpus unnes
    Date Deposited: 07 Nov 2013 12:03
    Last Modified: 07 Nov 2013 12:03

    Actions (login required)

    View Item