PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF (BUDIN) BERBASIS ADOBE CREATIVE SUITE PADA MATERI GENETIKA DI SMK


Dian Mahendra Bromantya Perdana, 4401408064 (2013) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF (BUDIN) BERBASIS ADOBE CREATIVE SUITE PADA MATERI GENETIKA DI SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF (BUDIN) BERBASIS ADOBE CREATIVE SUITE PADA MATERI GENETIKA DI SMK]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF (BUDIN) BERBASIS ADOBE CREATIVE SUITE PADA MATERI GENETIKA DI SMK)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Buku sekolah elektronik (BSE) merupakan salah satu buku ajar yang kini banyak digunakan di berbagai sekolah. Guru menggunakan BSE sebagai acuan dalam membuat slide persentasi serta media untuk mengajar. Penggunaan BSE sebagai media ajar masih dikeluhkan oleh guru. Semestinya, BSE yang dikemas dalam bentuk e-book mampu menampilkan simulasi-simulasi yang interaktif dengan memadukan video, animasi, audio, dan gambar. Perpaduan konten-konten tersebut akan membantu siswa untuk memvisualisasikan materi yang bersifat abstrak seperti materi genetika. Oleh karena itu, peneliti ingin mengembangkan Buku Digital Interaktif (BUDIN) yang layak dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran materi genetika di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D). Tahapan penelitian yang dilakukan adalah identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba skala kecil, revisi desain, uji coba skala luas, revisi produk, dan produk final. BUDIN dikembangkan menggunakan paket software adobe creative suite dengan memadukan antara teks, animasi, video, gambar, serta audio. Berdasarkan analisis potensi dan masalah, maka uji coba skala kecil dan skala luas dilakukan di SMK 1 Wanareja, Cilacap. Validasi produk dilakukan oleh ahli media dan materi dari jurusan Biologi Universitas Negeri Semarang. Data yang diambil dalam penelitian adalah validitas BUDIN oleh ahli media dan ahli materi, angket tanggapan siswa, angket tanggapan guru terhadap penerapan BUDIN, serta hasil belajar siswa. Data-data tersebut dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian ini yaitu, validator ahli media dan ahli materi memberikan penilaian dengan rerata persentase 95,3% (kriteria sangat layak). Siswa memberi tanggapan dengan persentase 86% (kriteria sangat baik), guru memberi tanggapan dengan persentase 100% (kriteria sangat baik) dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal sebesar 87,85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Buku Digital Interaktif (BUDIN) berbasis adobe creative suite layak dan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran materi genetika di SMK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Digital Interaktif (BUDIN), efektif, layak, dan materi genetika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:06
Last Modified: 07 Nov 2013 17:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18853

Actions (login required)

View Item View Item