IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TPS DENGAN ASESMEN KINERJA BERBANTUAN ALAT PERAGA MATERI GEOMETRI DI SMP NEGERI 9 PEKALONGAN


Dian Septiani, 4101409053 (2013) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TPS DENGAN ASESMEN KINERJA BERBANTUAN ALAT PERAGA MATERI GEOMETRI DI SMP NEGERI 9 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TPS DENGAN ASESMEN KINERJA BERBANTUAN ALAT PERAGA MATERI GEOMETRI DI SMP NEGERI 9 PEKALONGAN]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TPS DENGAN ASESMEN KINERJA BERBANTUAN ALAT PERAGA MATERI GEOMETRI DI SMP NEGERI 9 PEKALONGAN)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika adalah belum tercapainya prestasi siswa dan kurangnya minat siswa dalam belajar matematika yang dikarenakan matematika dianggap sulit, menakutkan dan diajarkan dengan metode mencatat. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan inovasi dengan menerapkan model pembelajaran yang menarik yang dapat digunakan untuk mendiskusikan suatu konsep matematika dengan prosedur berpikir, berpasangan (saling membantu) dan berbagi pendapat, serta penggunaan asesmen kinerja dan media pembelajaran seperti alat peraga dan lembar kerja siswa. Dalam penelitian ini diterapkan model pembelajaran TPS dengan asesmen kinerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) banyaknya siswa yang mencapai KKM pada hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran TPS dengan asesmen kinerja lebih dari atau sama dengan 75% (2) rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran TPS dengan asesmen kinerja lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran STAD. Desain penelitian eksperimen ini menggunakan Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Pekalongan tahun ajaran 2012/2013. Dengan random sampling, sampel terpilih 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 34 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Analisis data hasil belajar meliputi uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Uji persyaratan analisis berupa uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Uji hipotesis menggunakan uji z pihak kanan untuk menguji ketuntasan belajar siswa kelompok eksperimen dan uji t pihak kanan untuk menguji beda rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok kontrol. Peneliti menyarankan bahwa waktu dalam menjalankan tiap fase dari pembelajaran TPS dengan asesmen kinerja harus lebih efisien, dalam berdiskusi (berpasangan) lebih dimaksimalkan pemanfaatan waktu agar tidak terlalu lama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: asesmen kinerja, hasil belajar, model pembelajaran TPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:07
Last Modified: 07 Nov 2013 17:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18846

Actions (login required)

View Item View Item