PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL


Awaludin Ahmad, 5201409057 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimanakah desain model pembelajaran kooperatif tipe STAD (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (3) peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri atas dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil siklus pertama menunjukkan bahwa proses pembelajaran kooperatif tipe STAD masih belum maksimal antara lain: (a) keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran masih kurang (b) siswa masih kurang terfokus dalam kegiatan diskusi kelompok (c) rata-rata hasil belajar siswa belum memenuhi KKM 75. Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siklus II sudah sangat baik yaitu: (a) keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran sudah meningkat menjadi dari 52,5% menjadi 88% (b) siswa sudah mulai terfokus dengan kegiatan diskusi kelompok yaitu menjadi dari 25,9% menjadi 86,1% (c) rata-rata hasil belajar siswa telah memenuhi KKM dari 69,97 menjadi 81,05. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 4 Semarang pada materi sistem pengapian konvensional sehingga setelah penelitian ini sebaiknya guru dapat menerapkan model pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model, STAD, siswa, hasil belajar, sistem pengapian
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Nov 2013 10:19
Last Modified: 07 Nov 2013 10:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18843

Actions (login required)

View Item View Item