EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SERVICE ENGINE DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA


Ahmad Maulana Izzudin, 5201409006 (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SERVICE ENGINE DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SERVICE ENGINE DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SERVICE ENGINE DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada peningkatan hasil belajar yang signifikan, antara siswa yang video interaktif engine tune-up EFI dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran sebelumnya berupa buku New Step 2, buku Praktik STM Otomotif, file doc, pdf dan ppt. (2) Apakah video interaktif engine tune-up EFI efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada proses pembelajaran siswa pada kompetensi service engine dan komoponen-komponennya. Penelitian ini bertujuan adalah (1) Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dengan menggunakan media pembelajaran video interaktif engine tune-up EFI lebih baik dibandingkan dengan menggunakan media pembelajaran sebelumnya. (2) Untuk mengetahui apakah video interaktif engine tune-up EFI efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada proses pembelajaran kompetensi service engine dan komponen-komponennya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pola Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 87 siswa dari tiga kelas XI TKR di SMK Negeri 4 Semarang yang menempuh kompetensi service engine dan komponen-komponennya. Sampel penelitian diperoleh dengan metode random, kemudian sampel yang digunakan sebanyak 29 siswa kelas XI TKR 3 sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas XI TKR 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode check list, analisa data menggunakan statistik deskripsi dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, bahwa rata-rata hasil studi sub-kompetensi service engine dan komponen-komponennya (engine tune-up EFI) pada kelompok eksperimen yang semula 67.94 meningkat menjadi 82,46 atau terjadi peningkatan sebesar 89,65%. Sedangkan pada kelompok kontrol rata-rata hasil studi yang semula 66,93 meningkat menjadi 74,01, sehingga terjadi peningkatan sebesar 58,62%. Adanya peningkatan hasil studi kompetensi service engine dan komponen-komponennya (engine tune-up EFI) dengan menggunakan video interaktif. Media pembelajaran video interaktif efektif digunakan pada proses pembelajaran kompetensi service engine dan komponen-komponennya (engine tune-up EFI). Kepada para pengajar direkomendasikan untuk menerapkan pembelajaran dengan media video interaktif karena terbukti melalui penggunaan media video interaktif dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi dasar service engine dan komponen-komponennya (engine tune-up EFI).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, video interaktif, engine tune-up EFI.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Nov 2013 10:12
Last Modified: 07 Nov 2013 10:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18840

Actions (login required)

View Item View Item