MODEL PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI KEJURUAN MEKANIK OTOMOTIF PADA SISWA KELAS X SMK MIFTAHUL ULUM BOARDING SCHOOL DEMAK TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Ahmad Saefudin, 5201408097 (2013) MODEL PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI KEJURUAN MEKANIK OTOMOTIF PADA SISWA KELAS X SMK MIFTAHUL ULUM BOARDING SCHOOL DEMAK TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI KEJURUAN MEKANIK OTOMOTIF PADA SISWA KELAS X SMK MIFTAHUL ULUM BOARDING SCHOOL DEMAK TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI KEJURUAN MEKANIK OTOMOTIF PADA SISWA KELAS X SMK MIFTAHUL ULUM BOARDING SCHOOL DEMAK TAHUN PELAJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah tentang Model Pembelajaran PAKEM Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Kejuruan Mekanik Otomotif Pada Siswa Kelas X SMK Miftahul Ulum Boarding School Demak Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi belajar kompetensi kejuruan mekanik otomotifuntuk siswa yang diberi pembelajaran konvensional/ceramah biasa dengan pembelajaran PAKEM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri 2 kali pertemuan dan masing-masing pertemuan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refklesi. Cara pengumpulan data dari penelitian tindakan kelas ini berupa tes dan observasi. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini menujukkan bahwa model pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan prestasi belajar dibandingkan dengan pembelajaran konvensional/ceramah biasa, hal ini ditunjukkan dengan hasil rata-rata kelas yang dicapai, untuk model pembelajaran konvensional/ceramah biasa hanya mendapatkan nilai rata-rata kelas hanya 60% sedangkan dengan model pembelajaran PAKEM dapat mencapai nilai rata-rata kelas sebesar 89,73%. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah pertama Sebaiknya sekolah menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran PAKEM karena terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada kompetensi kejuruan mekanik otomotif. Kedua guru diharapkan dapat melaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran PAKEMpada materi-materi yang lain agar siswa lebih memahami keterkaitan suatu topik dengan topik lain.ketiga bagi siswa yang memiliki prestasi belajar kompetensi kejuruan mekanik otomotif dengan model pembelajaran PAKEMkurang memuaskan hendaknya lebih termotivasi dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran PAKEM, Kejuruan Mekanik Otomotif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Nov 2013 10:07
Last Modified: 07 Nov 2013 10:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18839

Actions (login required)

View Item View Item