PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISTEM HIDROLIK MENGGUNAKAN PERAGA SISTEM REM HIDROLIK DENGAN SILINDER MASTER TIPE TANDEM


Jatmiko, 5201408083 (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISTEM HIDROLIK MENGGUNAKAN PERAGA SISTEM REM HIDROLIK DENGAN SILINDER MASTER TIPE TANDEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISTEM HIDROLIK MENGGUNAKAN PERAGA SISTEM REM HIDROLIK DENGAN SILINDER MASTER TIPE TANDEM]
Preview
PDF (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISTEM HIDROLIK MENGGUNAKAN PERAGA SISTEM REM HIDROLIK DENGAN SILINDER MASTER TIPE TANDEM) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran kompetensi tersebut kenyataannya pengajaran tentang sistem rem hidrolik pada kendaraan telah disampaikan secara maksimal oleh guru pengampu mata pelajaran, namun prestasi belajar serta pemahaman siswa kelas X hanya 50% nilai KKM sedang yang 50% nilainya masih dibawah KKM kerena minimal angka pencapaian hasil ketuntasan nilai belajar 75. Permasalahan dan uraian di atas yang membuat penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul ―peningkatan prestasi belajar sistem hidrolik menggunakan peraga sistem rem hidrolik dengan silinder master tipe tandem‖. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pengaruh perlakuan diperhitungkan melalui perbedaan antara pretes dengan postes pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Kendal. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK N 2 Kendal dan jumlah 68 siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel penggunaan media peraga aplikasi sistem rem hidrolik pada mobil menggunakan silinder master tipe tandem untuk meningkatkan keterampilan dan variabel pemahaman. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Tes dilaksanakan dalam bentuk pilihan ganda, sedangkan observasi dan dokumentasi diterapkan pada saat pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data awal yang meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan analisis data akhir yang menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa pada pretes kelas eksperimen, yaitu sebesar 49,94 dan pada kelas kontrol sebesar 47,47 setelah diberi perlakuan dengan dua model, hasil pembelajaran meningkat. Pada kelas eksperimen meningkat menjadi 80,82 dan pada kelas kontrol menjadi 73,53. Hasil postes kedua kelas meningkat, hanya saja hasil postes kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol, sehingga model yang efektif digunakan dalam pembelajaran adalah menggunakan media alat peraga sistem rem hidrolik dengan silinder master tipe tandem Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran dengan media alat peraga lebih efektif digunakan dalam pembelajaran daripada model pembelajaran ceramah saja. Mengacu pada simpulan tersebut, peneliti menyarankan agar guru mata pelajaran menggunakan model pembelajaran media peraga dalam pembelajaran secara intensif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan prestasi belajar, menggunakan peraga master silinder tipe tandem.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Nov 2013 10:03
Last Modified: 07 Nov 2013 10:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18838

Actions (login required)

View Item View Item