PENGEMBANGAN LEMBAR KREATIVITAS SISWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI SISTEM PENGAPIAN DAN KOMPONENNYA


Bagus Ananta Nugraha, 5201408065 (2013) PENGEMBANGAN LEMBAR KREATIVITAS SISWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI SISTEM PENGAPIAN DAN KOMPONENNYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KREATIVITAS SISWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI SISTEM PENGAPIAN DAN KOMPONENNYA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KREATIVITAS SISWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI SISTEM PENGAPIAN DAN KOMPONENNYA) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pencapaian hasil ketuntasan belajar Siswa kelas XI SMK AL-HIKMAH Guntur Demak pada kompetensi memperbaiki sistem pengapian dan komponennya pada tahun 2011/2012. Penelitian bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui seberapa besar nilai hasil belajar kompetensi dasar memperbaiki sistem pengapian dan komponennya untuk siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan LKS yang tidak dikembangkan (LKS Lama) dan dengan menggunakan LKS yang dikembangkan (LKS baru). (2) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar kompetensi dasar memperbaiki sistem pengapian dan komponennya setelah menggunakan bahan ajar LKS yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain “control group pre test post test .Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI TKR yang berjumlah 3 kelas, sedangkan Penelitian yang dilakukan hanya dengan dua kelas sampel yang diambil secara acak dan didapat kelas XI TKR 2 yang terdiri 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR 3 yang terdiri 30 siswa sebagai kelas control. Setelah dilakukan pre-test pada kedua kelas sampel diperoleh keterangan bahwa data tersebut memiliki varian dan rata-rata yang relatif sama. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa hasil post-test pada kedua kelompok tersebut mendapatkan hasil nilai ratarata hasil belajar kelas eksperimen 78,09 dan kelas kontrol 69,97. Setelah dilakukan uji t ternyata terbukti bahwa secara statistik hasil belajar kelas eksperimen lebih baik disbanding kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar kompetensi dasar memperbaiki sistem pengapian dan komponennya dari rata-rata kelas sesudah diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar LKS yang dikembangkan (LKS Baru).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kreativitas Siswa, Kompetensi Dasar Memperbaiki Sistem Pengapian Dan Komponennya
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Nov 2013 09:56
Last Modified: 07 Nov 2013 09:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18834

Actions (login required)

View Item View Item