PERBANDINGAN GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR BERBAHAN BAKAR BENSIN DAN LPG DENGAN KONVERTER KIT DUAL FUEL SEBAGAI PENGATUR LPG PADA MOTOR BERMESIN 150 CC

Anton, 5201408045 (2013) PERBANDINGAN GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR BERBAHAN BAKAR BENSIN DAN LPG DENGAN KONVERTER KIT DUAL FUEL SEBAGAI PENGATUR LPG PADA MOTOR BERMESIN 150 CC. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PERBANDINGAN GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR BERBAHAN BAKAR BENSIN DAN LPG DENGAN KONVERTER KIT DUAL FUEL SEBAGAI PENGATUR LPG PADA MOTOR BERMESIN 150 CC) - Published Version
Download (689Kb)

    Abstract

    Candangan BBM semakin menipis dan impor minyak bumi untuk memenuhi kebutuhan minyak dalam negeri menjadi faktor utama penggunaan bahan bakar alternatif. Penggunaan bahan bakar alternatif perlu adanya kajian kelayakan bahan bakar salah satunya emisi dan konsumsi. LPG digunakan sebagai alternatif bahan bakar karena mudah diperoleh dipasaran dan tekanan output yang rendah. Konverter kit digunakan untuk mengkonversi bahan bakar LPG pada sepeda motor dengan sistem tekanan konstan. Keuntungan dari tekanan konstan, tabung penuh atau hampir habis tidak berpengaruh pada akselerasi kendaraan. Tujuan penelitian untuk memperoleh data perbandingan konsumsi dan kadar emisi gas buang sepeda motor berbahan bakar bensin dan LPG. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah treatment by subject yaitu beberapa variasi perlakuan secara berturut-turut kepada sepeda motor yang sudah dimodifikasi kemudian dilakukan pengukuran untuk mengetahui konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi. Penelitian dilakukan dengan dua pengujian, yaitu pengujian standar dan pengujian eksperimen menggunakan bahan bakar LPG pada sepeda motor garuda 150 cc. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan bakar LPG konsumsi bahan bakar mengalami penurunan. Penurunan konsumsi bahan bakar mencapai 14,93 % pada pengujian jarak tempuh 5 km dan kondisi jalan yang sama. Selain itu, terjadi penurunan yang signifikan pada kadar emisi CO, dan HC. Penurunan emisi CO tertinggi sebesar 97,54% didapatkan pada putaran 5000 rpm. Penurunan emisi HC tertinggi sebesar 79,29% didapatkan pada putaran 3000 rpm.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: LPG, Konverter kit, Konsumsi, Emisi gas buang
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 07 Nov 2013 04:53
    Last Modified: 07 Nov 2013 04:53

    Actions (login required)

    View Item