IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KUDUS PADA MATERI SEGITIGA


Wafik Khoiri, 4101409045 (2013) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KUDUS PADA MATERI SEGITIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KUDUS PADA MATERI SEGITIGA]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KUDUS PADA MATERI SEGITIGA)
Download (14MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan tes awal yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 4 Kudus termasuk dalam kategori kurang. Hal tersebut disebabkan pembelajaran matematika di sekolah tersebut masih terpusat pada guru. Hal ini menjadikan pembelajaran matematika tidak memberikan kesempatan yang luas bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan dalam pemecahan masalah, penalaran, representasi, koneksi dan komunikasi matematis, sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Oleh karena itu perlu adanya inovasi pembelajaran matematika yang berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pembelajaran menggunakan PBL berbantuan multimedia kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai ketuntasan klasikal, kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dan lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori, serta terdapat pengaruh positif antara kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kudus. Pemilihan sampel dilakukan dengan cluster random sampling sehingga terpilih kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes dan wawancara. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh kemampuan pemecahan masalah siswa tuntas secara klasikal dilihat dari 84,1hitungz dan 64,1tabelz . Rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model PBL berbantuan multimedia lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori dilihat dari 68,30hitungt dan 67,1tabelt . Korelasi yang positif antara kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi sebesar +0,6083 dengan kontribusi sebesar 0,37. Rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model PBL berbantuan multimedia lebih baik daripada rata-rata peningkatan siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori dilihat dari 2384,7'hitungt dan 6924,1'tabelt . Simpulan penelitian ini yaitu kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pembelajaran model PBL berbantuan multimedia telah mencapai ketuntasan klasikal, kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pembelajaran model PBL berbantuan multimedia lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran ekspositori, kemampuan berpikir kreatif berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model PBL berbantuan multimedia, dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pembelajaran model PBL berbantuan multimedia meningkat. Saran yang perlu diperhatian dalam penerapan PBL, guru perlu lebih memperhatikan waktu, kemampuan berpikir kreatif, serta keaktifan siswa dalam penyelidikan masalah dan diskusi agar memperoleh hasil yang lebih baik dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kreatif, kemampuan pemecahan masalah, multimedia, problem based learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:10
Last Modified: 07 Nov 2013 17:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18832

Actions (login required)

View Item View Item