ANALISA GERAK KETERAMPILAN DROPSHOT (FOREHAND) OLAHRAGA BULUTANGKIS (Ditinjau Dari Segi Anatomi, Fisiologi dan Biomekanika


Netty Riana Putri, 6250408019 (2013) ANALISA GERAK KETERAMPILAN DROPSHOT (FOREHAND) OLAHRAGA BULUTANGKIS (Ditinjau Dari Segi Anatomi, Fisiologi dan Biomekanika. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISA GERAK KETERAMPILAN DROPSHOT (FOREHAND) OLAHRAGA BULUTANGKIS (Ditinjau Dari Segi Anatomi, Fisiologi dan Biomekanika]
Preview
PDF (ANALISA GERAK KETERAMPILAN DROPSHOT (FOREHAND) OLAHRAGA BULUTANGKIS (Ditinjau Dari Segi Anatomi, Fisiologi dan Biomekanika)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisa gerak keterampilan dropshot forehand (ditinjau dari segi anatomi, fisiologi, dan biomekanika). Metode yang digunkana dalam penelitian adalah metode deskripsi kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah atlit PB Baskara Limpung Kabupaten Batang dengan jumlah 7 orang.Variabel penelitian ini adalah analisa gerak keterampilan dropshot forehand olahraga bulutangkis (ditinjau dari segi anatomi,fisiologi dan biomekanika). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskripsi kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah analisa gerak keterampilan dropshot forehand olahraga bulutangkis pada klub PB Baskara Limpung ditinjau dari keseluruhan faktor penelitian menunjukkan bahwa gerak keterampilan dropshot forehand dalam kategori baik. Sehingga teknik dropshot bila di tinjau dari faktor anatomi dan fisiologi memerlukan koordinasi antara kerja sendi, gerak yang terjadi, otot yang berperan serta bentuk kontraksinya, dan di tinjau kerja syaraf yang terjadi dalam proses keefektifan kinerja. Sedangkan untuk faktor biomekanika, dropshot memerlukan sifat gerakan, sifat-sifat gaya dan prinsip mekanika yang diterapkan. Simpulan penelitian adalah bahwa gerak keterampilan dropshot forehand secara keseluruhan pemain di PB Baskara Limpung dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan dan dari penelitian, maka peneliti mengajuka saran-saran sebagai berikut : 1) Bagi atlit bulutangkis, agar dapat melakukan keterampilan dropshot forehan dengan baik dan benar, maka perlu lebih memperhatikan faktor anatomi, fisiologi dan biomekanika, 2) Bagi pelatih, dalam pelaksanaan latihan para pemain hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip latihan diantaranya pengelolaan latihan dengan memperhatikan faktor anatomi, fisiologi dan biomekanika, 3) Bagi peneliti yang melakukan penelitian sejenis, hendaknya hasil penelitian ini digunkan sebagai bahan pertimbangan agar diperoleh hasil yang lebih dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisa Gerak Keterampilan Dropshot Forehand Bulutangkis
Subjects: O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:10
Last Modified: 07 Nov 2013 17:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18831

Actions (login required)

View Item View Item