PENERAPAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN KOMPETENSI PEMERIKSAAN DAN TROUBLESHOOTING MOTOR STARTER TIPE PLANETARI

Anggi Subkhan Fitrianto, 5201407042 (2013) PENERAPAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN KOMPETENSI PEMERIKSAAN DAN TROUBLESHOOTING MOTOR STARTER TIPE PLANETARI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN KOMPETENSI PEMERIKSAAN DAN TROUBLESHOOTING MOTOR STARTER TIPE PLANETARI) - Published Version
Download (2699Kb)

    Abstract

    Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana desain alat peraga sistem starter sebagai alat peraga dalam pembelajaran, (2) Bagaimana hasil belajar siswa yang diterapkan dan tidak diterapkan alat peraga sistem starter tipe planetari, (3) Seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa yang diterapkan alat peraga sistem starter tipe planetari jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa diterapkan alat peraga sistem starter tipe planetari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diterapkan alat peraga sistem starter lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar tanpa diterapkan alat peraga sistem starter tipe planetari. Penelitian ini menggunakan model eksperimen dengan pola Pretest-Posttest Control Group Design, menggunakan tes sebagai alat pengumpulan data penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Kudus dengan jumlah 102 siswa. Sampel diambil dengan metode kluster, kemudian diperoleh 2 kelas, kelas XI TKR 1 sejumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI TKR 2 sejumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Kelompok eksperimen akan memperoleh pembelajaran menggunakan alat peraga sistem starter tipe planetari, sedangkan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran menggunakan motor starter tipe planetari biasa. Pengumpulan data menggunakan metode tes, analisis data menggunakan statistik deskripsi dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, bahwa rata-rata hasil belajar kompetensi pemeriksaan dan troubleshooting motor starter pada kelompok kontrol yang semula 59,78 meningkat menjadi 66,91 atau terjadi peningkatan sebesar 7,13 (11,93%). Sedangkan pada kelompok eksperimen rata-rata hasil belajar yang semula 57,63 meningkat menjadi 75,97, sehingga terjadi peningkatan sebesar 18,34 (31,82%). Hasil analisis uji-t nilai post-test juga menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kompetensi pemeriksaan dan troubleshooting motor starter, pada nilai thitung = 6,644 > ttabel = 1,67 pada = 5% dengan dk = 62, t berada pada daerah penolakan Ho, maka bahwa ada perbedaan hasil post-test antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan media alat peraga sistem starter tipe planetari dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi pemeriksaan dan troubleshooting motor starter.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: penerapan, alat peraga, hasil belajar, pemeriksaan dan troubleshooting motor starter
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 07 Nov 2013 04:49
    Last Modified: 07 Nov 2013 04:49

    Actions (login required)

    View Item