PENINGKATAN KETERAMPILAN MENARASIKAN PENGALAMAN MANUSIA DALAM BENTUK NASKAH DRAMA DENGAN TEKNIK PEMODELAN SKENARIO PADA SISWA KELAS XI.IS.2 SMA IBU KARTINI SEMARANG


Ledina Megasari Gesti Danika , 2101404609 (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENARASIKAN PENGALAMAN MANUSIA DALAM BENTUK NASKAH DRAMA DENGAN TEKNIK PEMODELAN SKENARIO PADA SISWA KELAS XI.IS.2 SMA IBU KARTINI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENARASIKAN PENGALAMAN MANUSIA DALAM BENTUK NASKAH DRAMA DENGAN TEKNIK PEMODELAN SKENARIO PADA SISWA KELAS XI.IS.2 SMA IBU KARTINI SEMARANG] PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENARASIKAN PENGALAMAN MANUSIA DALAM BENTUK NASKAH DRAMA DENGAN TEKNIK PEMODELAN SKENARIO PADA SISWA KELAS XI.IS.2 SMA IBU KARTINI SEMARANG) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Keterampilan siswa dalam menulis khususnya menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk naskah drama masih rendah. Metode ceramah yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk naskah drama belum memberikan hasil yang maksimal bagi siswa. Siswa merasa belum mendapatkan hal yang termudah menarasikan pengalaman manusia. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk naskah drama pada siswa kelas XI.IS 2 SMA Ibu Kartini Semarang digunakan teknik pemodelan skenario. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan keterampilan menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk naskah drama dengan teknik pemodelan skenario, dan (2) bagaimana perubahan sikap dan perilaku siswa kelas XI.IS 2 SMA Ibu Kartini Semarang setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik pemodelan skenario? Penelitian ini bertujuan mendeskripsi (1) peningkatan keterampilan menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk naskah drama pada siswa kelas XI.IS 2 SMA Ibu Kartini Semarang setelah mengikuti pembelajaran teknik pemodelan skenario, dan (2) perubahan sikap dan perilaku pada siswa kelas XI.IS 2 SMA Ibu Kartini Semarang dalam pembelajaran menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk naskah drama setelah mengikuti pembelajaran teknik pemodelan skenario. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian iii ini adalah keterampilan menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk naskah drama pada siswa kelas XI.IS 2 SMA Ibu Kartini Semarang. Variabel penelitian ini adalah menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk naskah drama dan penggunaan teknik pemodelan skenario. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan nontes. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, wawancara, observasi dan jurnal. Analisis data tes dilakukan secara kuantitatif, sedangkan analisis data nontes secara kualitatif. Dari hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk naskah drama setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik pemodelan skenario. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes yang dilakukan pada siswa kelas XI.IS 2 SMA Ibu Kartini Semarang yang meliputi tes siklus I dan tes siklus II. Skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 49,60 (kategori kurang), sedangkan pada siklus II memperoleh skor ratarata 78,57 (kategori baik). Hal ini membuktikan bahwa bahwa terjadi peningkatan yaitu sebesar 28,97 dari siklus I. Dengan demikian, teknik pemodelan skenario keterampilan manarasikan pengalaman manusia dalam bentuk naskah drama mampu mengantarkan siswa mencapai standar minimal ketuntasan belajar. Pada siklus I masih banyak menunjukkan perilaku negatif saat pembelajaran berlangsung. Akan tetapi, pada siklus II telah terjadi perubahan perilaku menuju ke perilaku positif. Pembelajaran dengan menggunakan teknik pemodelan skenario dapat meningkatkan keterampilan menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk naskah drama dan dapat mengubah perilaku siswa kearah positif. Mengacu pada hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan guru Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya menggunakan teknik pemodelan skenario dalam pembelajaran menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk naskah drama, sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal. Selain itu, siswa juga secara ekspresif dapat menungkapkan idenya ke dalam bentuk tulisan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menarasikan pengalaman manusia, naskah drama, teknik pemodelan skenario
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2011 08:39
Last Modified: 25 Apr 2015 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1883

Actions (login required)

View Item View Item