KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL DESIGNED STUDENT-CENTERED INSTRUCTIONAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK KELAS VIII MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR

Ajeng Alisa Narulita, 4101409042 (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL DESIGNED STUDENT-CENTERED INSTRUCTIONAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK KELAS VIII MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL DESIGNED STUDENT-CENTERED INSTRUCTIONAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK KELAS VIII MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR)
Download (3416Kb)

    Abstract

    Representasi matematika merupakan salah satu aspek penting dalam Standar Proses menurut NCTM yang harus dimiliki, dikuasai serta dikembangkan oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya peserta didik masih belum dapat menggunakan kemampuannya secara maksimal terutama dalam memecahkan masalah sehingga perlu adanya cara yang tepat untuk mengembangkan kemampuan representasi matematika yaitu diperlukan suatu pembelajaran yang efektif dengan model yang mendukung seperti model Designed Student-Centered Instructional (DSCI). Salah satu fase yang esensial pada model pembelajaran tersebut yaitu fase hands-on activity. Fase ini menuntut peserta didik terlibat langsung dalam penemuan fakta-fakta matematis baru serta terdapat manipulasi-manipulasi simbol, gambar, dan benda konkrit untuk membantu pengembangan kemampuan representasi matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan representasi matematika peserta didik kelas VIII yang diberi pembelajaran dengan model DSCI pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar mencapai ketuntasan belajar atau tidak; serta (2) mengetahui apakah kemampuan representasi matematika peserta didik kelas VIII yang diberi pembelajaran dengan model DSCI lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran dengan model ekspositori pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar. Hal tersebut yang akan menentukan apakah model DSCI efektif atau tidak jika digunakan dalam meningkatkan kemampuan representasi matematika. Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Cilacap tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil secara acak melalui teknik area (cluster) sampling sehingga diperoleh kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Perolehan data pada penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi. Setelah dilakukan penelitian diperoleh simpulan bahwa rata-rata kemampuan representasi peserta didik kelas VIII yang diberi pembelajaran dengan model DSCI pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar mencapai ketuntasan belajar yaitu rata-rata yang dicapai, mencapai KKM yaitu 75 dan minimal 75% peserta didik dari kelompok eksperimen tuntas secara KKM serta rata-ratanya lebih baik dibandingkan dengan rata-rata yang dicapai kelompok kontrol.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: model DSCI, kemampuan representasi matematika, keefektifan.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: yuniati perpus unnes
    Date Deposited: 07 Nov 2013 12:10
    Last Modified: 07 Nov 2013 12:10

    Actions (login required)

    View Item