EFEKTIVITAS LATIHAN SIRKUIT DENGAN PERIODISASI JANGKA PENDEK TERHADAP STAMINA PADA ATLET PUSLAT KENDAL TAHUN 2012


Irwan Ariadi, 6250407048 (2012) EFEKTIVITAS LATIHAN SIRKUIT DENGAN PERIODISASI JANGKA PENDEK TERHADAP STAMINA PADA ATLET PUSLAT KENDAL TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS LATIHAN SIRKUIT DENGAN PERIODISASI JANGKA PENDEK TERHADAP STAMINA PADA ATLET PUSLAT KENDAL TAHUN 2012]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS LATIHAN SIRKUIT DENGAN PERIODISASI JANGKA PENDEK TERHADAP STAMINA PADA ATLET PUSLAT KENDAL TAHUN 2012)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Stamina merupakan salah satu unsur kondisi fisik yang dapat menunjang prestasi tinggi pada cabang olahraga sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas latihan sirkuit dengan periodisasi jangka pendek dalam meningkatkan kondisi stamina pada atlet Puslat Kendal tahun 2012. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental yang bersifat kuantitatif, menggunakan desain penelitian one group pretest-postest dengan perlakuan berupa pemberian latihan sirkuit dengan periodisasi jangka pendek, intensitas latihan 75-90% dari DN Maks, durasi latihan 45-60 menit dan frekuensi latihan tiga kali per minggu selama 6 minggu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet Puslat Kendal sebesar 25 atlet puslat kendal pengambilan sampel dengan tehnik purposive sample. 3 sampel, lebih dari 3 kali tidak mengikuti treatment sehingga yang digunakan sebagai semple 22 atlet puslat kendal. Variabel independent penelitian adalah latihan sirkuit dengan periodisasi jangka pendek dan variabel dependent adalah stamina atlet Puslat Kendal. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan kuesioner, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukan rerata kondisi stamina sebelum pemberian perlakuan yaitu 104.24 detik yang termasuk dalam kondisi stamina “sedang”, lebih lambat waktunya dibandingkan rerata setelah pemberian perlakuan yaitu 99.88 detik yang termasuk kondisi stamina “baik”, dengan demikian menyatakan bahwa latihan sirkuit dengan periodisasi jangka pendek efektif meningkatkan kondisi stamina atlet Puslat Kendal. Penulis menyarankan bagi atlet dan pelatih yang memiliki waktu persiapan lebih pendek dalam mempersiapkan kondisi stamina, latihan sirkuit dengan periodisasi jangka pendek dapat menjadi salah satu model latihan untuk meningkatkan kondisi stamina dengan tetap memperhatikan zona latihan dan prinsip-prinsip latihan. Penelitian dengan tema yang sama diharapkan dapat menambahkan variabel-variabel penggangu untuk dapat diukur agar hasilnya jauh lebih akurat. Dengan demikian diharapkan kesempurnaan dari keterbatasan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Stamina dan Latihan Sirkuit
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2013 00:11
Last Modified: 08 Nov 2013 00:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18826

Actions (login required)

View Item View Item