KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CPS BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI POKOK GEOMETRI KELAS X


Mohammad Maftukhin, 4101409026 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CPS BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI POKOK GEOMETRI KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CPS BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI POKOK GEOMETRI KELAS X]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CPS BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI POKOK GEOMETRI KELAS X)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Matematika yang bersifat abstrak menyebabkan banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari dan menyelesaikan soal matematika. Penyebab lainnya adalah karena pembelajaran matematika kurang inovatif dan peserta didik kurang diberikan kesempatan untuk mengkonstruksi sendiri ide-idenya. Adapun permasalahan yang akan dibahas adalah apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memperoleh pembelajaran CPS berbantuan CD pembelajaran dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran ekspositori pada materi dimensi tiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas SMA Negeri 1 Sulang Kab. Rembang tahun pelajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak dan terpilih sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran CPS berbantuan CD pembelajaran, dan kelas sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji proporsi, uji perbedaan dua rata-rata, dan uji regresi linear sederhana, sebelumnya akan di uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis hasil penelitian, diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki rata-rata kemampuan berpikir kritis berturut-turut dan . Berdasarkan uji hipotesis I, uji ketuntasan klasikalnya diperoleh , ini berarti siswa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan uji hipotesis II diperoleh , ini berarti bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sedangkan pada uji hipotesis III diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar . Simpulan dari hasil penelitian dan pembahasan adalah sebagai berikut, Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar dan rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Besarnya pengaruh aktivitas peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis . Maka pembelajaran CPS berbantuan CD pembelajaran lebih efektif daripada pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran CPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:12
Last Modified: 07 Nov 2013 17:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18820

Actions (login required)

View Item View Item