PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN FRONT CONE HOPS DAN LATIHAN ZIG-ZAG DRILL TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI


Yekti Lingga Dinata, 6250407007 (2013) PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN FRONT CONE HOPS DAN LATIHAN ZIG-ZAG DRILL TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN FRONT CONE HOPS DAN LATIHAN ZIG-ZAG DRILL TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI]
Preview
PDF (PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN FRONT CONE HOPS DAN LATIHAN ZIG-ZAG DRILL TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tendangan merupakan pola serangan yang efektif untuk mendapatkan poin dalam pertandingan, dalam hal ini kemampuan power otot tungkai sangat berperan penting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan latihan front cone hops dan latihan zig-zag drill terhadap peningkatan power otot tungkai pada Siswa Putra Peserta Ekstrakurikuler Tae Kwon Do SMA Negeri 1 Kabupaten Semarang Tahun 2012. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa putra Peserta Ekstrakurikuler Tae Kwon Do SMA Negeri 1 Kabupaten Semarang tahun 2012, berjumlah 14 siswa. Dari 14 siswa tersebut, setelah diadakan tes awal, dirangking kemudian dipasangkan dengan ordinal pairing dan terbagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 diberi perlakuan latihan front cone hopsdan kelompok 2 diberi perlakuan latihan zig-zag drill. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Hasil penelitian ini adalah latihan front cone hops dan latihan zig-zag drill memberikan pengaruh yang berbeda terhadap peningkatan power otot tungkai pada Siswa Putra Peserta Ekstrakurikuler Tae Kwon Do SMA Negeri 1 Kabupaten Semarang Tahun 2012. Latihan zig-zag drill(70,58%) lebih baik pengaruhnya dari pada latihan front cone hops (19,77%) terhadap peningkatan power otot tungkai pada Siswa Putra Peserta Ekstrakurikuler Tae Kwon Do SMA Negeri1 Kabupaten Semarang Tahun 2012. Simpulan penelitian ini adalah latihan front cone hops dan latihan zig-zag drill memberikan pengaruh yang berbeda terhadap peningkatan power otot tungkai pada Siswa Putra Peserta Ekstrakurikuler Tae Kwon Do SMA Negeri 1 Kabupaten Semarang Tahun 2012. Saran yang dapat diberikan guna meningkatkan power otot tungkai pada olahraga Tae Kwon Do, hendaknya pelatih harus memiliki kreatifitas dan mampu menerapkan metode latihan yang tepat, hasil penelitian ini dapat dijadikan pedoman untuk menentukan dan memilih metode latihan untuk meningkatkan power otot tungkai pada Tae Kwon Do serta latihan front cone hops dan latihan zig-zag drilldapat dipilih pelatih sebagai latihan rutin untuk dapat meningkatkan power otot tungkai pada olahraga Tae Kwon Do.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latihan Front Cone Hops, Latihan Zig-Zag Drill, Power Otot Tungkai
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:12
Last Modified: 07 Nov 2013 17:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18817

Actions (login required)

View Item View Item