PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 REMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013
Bayu Setyo Nugroho , 3101406577 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 REMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 REMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran sejarah di kelas X.H SMA N 2 Rembang, siswa masih banyak terlihat pasif ini disebabkan guru hanya menggunakan metode ceramah. Mereka sering merasa bosan dan acuh tak acuh karena dalam pembelajaran sejarah sendiri terlalu banyak materi yang harus dihafal dan mereka merasa jenuh hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan penggunaan model pembelajaran yang lebih berfariasi, salah satunya adalah Cooperative learning teknik jigsaw. Model Pembelajaran ini lebih menekankan pada peran aktif siswa dalam pembelajaran, siswa dituntut untuk aktif sehingga diharapkan setelah menerapkan model ini hasil belajar siswa dalam pelajaran sejarah dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Jigsaw dapat meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Rembang Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Rembang, pada semester II tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Penelitian ini dilakukan 2 siklus karena peningkatan hasil belajar telah tercapai, dalam satu siklus terdiri dari satu pertemuan. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning teknik Jigsaw. Berdasarkan hasil prasiklus diketahui ketuntasan belajar siswa mencapai mencapai 54,3 % atau 19 siswa tuntas dengan rata-rata nilai 70,7 sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative learning teknik Jigsaw pada sklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 68,6% atau 24 siswa tuntas dengan rata-rata 72,7. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat, akan tetapi ketuntasan ini belum memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu sebesar 75%, oleh sebab itu diperlukan adanya siklus II. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh rata-rata kelas mencapai 76 dan tingkat ketuntasan mencapai 77,1% atau sebanyak 27 siswa tuntas. Hasil penelitian siklus II sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu nilai yang didapatkan lebih dari (>) 72 dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahawa pembelajaran sejarah dengan model pembelajaran Cooperative Learning teknik Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X.H SMA Negeri 2 Rembang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pembelajaran cooperative learning jigsaw |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2013 00:20 |
Last Modified: | 07 Nov 2013 00:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18815 |
Actions (login required)
View Item |