UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X-F SMA NEGERI 2 MAGELANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PRODUKTIF PADA POKOK BAHASAN ASAL USUL DAN PERSEBARAN MANUSIA DI KEPULAUAN INDONESIA PADA TAHUN AJARAN 2012/2013


Sandika Priatmoko , 3101406535 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X-F SMA NEGERI 2 MAGELANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PRODUKTIF PADA POKOK BAHASAN ASAL USUL DAN PERSEBARAN MANUSIA DI KEPULAUAN INDONESIA PADA TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X-F SMA NEGERI 2 MAGELANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PRODUKTIF PADA POKOK BAHASAN ASAL USUL DAN PERSEBARAN MANUSIA DI KEPULAUAN INDONESIA PADA TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X-F SMA NEGERI 2 MAGELANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PRODUKTIF PADA POKOK BAHASAN ASAL USUL DAN PERSEBARAN MANUSIA DI KEPULAUAN INDONESIA PADA TAHUN AJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya prestasi belajar di SMA Negeri 2 Magelang kelas X-f merupakan salah satu bukti bahwa pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi belum dilakukan secara maksimal, salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar sejarah di SMA Negeri 2 Magelang ini dimungkinkan karena guru belum memanfaatkan semua potensi yang ada, atau pun guru sendiri belum berkemampuan dalam memberikan materi pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-f SMA Negeri 2 Magelang. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan dibandingkan sebelum diberi `pembelajaran dengan menggunakan model kreatif dan produktif. Sebelum diberi pembelajaran dengan menggunakan model kreatif dan produktif, hasil belajar siswa menunjukkan presentase ketuntasannya adalah 30,76 %, sedangkan yang tidak tuntas adalah 69,23%. Setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan model kreatif dan produktif hasil belajar siswa meningkat dengan presentase siswa yang tuntas 58, 97%, sedangkan siswa yang tidak tuntas 41,02%. Jadi rata-rata kelas secara keseluruhan adalah 7,0. Pada siklus II hasil belajar nilai siswa menunjukkan adanya peningkatan yang lebih baik dibandingakan pada siklus I. Hasil belajar siswa pada siklus II ini sebagai berikut: presentase dari tingkat ketuntasan pada siklus II adalah 84,61 % sedangkan siswa yang tidak tuntas dengan presentase 15,38 %. Jadi rata-rata kelas secara keseluruhan adalah 7,82. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model Pembelajaran Kreatif dan Produktif ini, terdapat peningkatan hasil belajar pada pokok bahasan Asal usul dan persebaran manusia di Kepulauan Indonesia. Saran yang penulis berikan berkaitan dengan penelitian sebagai berikut, dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan sebagai usaha meningkatkan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran menjadi lebih baik lagi pada dasarnya guru harus terus menerus melakukan tindakan melalui proses penelitian agar dapat mengelola proses pembelajaran yang komulatif, partisipatif dan demokratis sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengkondisikan proses pembelajaran yang kondusif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, dan model pembelajaran kreatif dan produktif
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 00:14
Last Modified: 07 Nov 2013 00:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18814

Actions (login required)

View Item View Item