KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PESAN MELALUI TELEPON DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PURBALINGGA KIDUL KABUPATEN PURBALINGGA


Shery Novita Purwandari, 1402408098 (2012) KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PESAN MELALUI TELEPON DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PURBALINGGA KIDUL KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PESAN MELALUI TELEPON DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PURBALINGGA KIDUL KABUPATEN PURBALINGGA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PESAN MELALUI TELEPON DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PURBALINGGA KIDUL KABUPATEN PURBALINGGA)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia pada keterampilan berbicara materi pesan melalui telepon. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang masih menggunakan metode pemberian tugas yang bersifat membaca teks sehingga mengakibatkan peserta didik bosan dan hasil belajar peserta didik aspek keterampilan berbicara tidak maksimal. Keadaan yang demikian mendorong peneliti untuk menerapkan alternatif metode pembelajaran, yaitu metode bermain peran (role playing). Metode bermain peran (role playing) merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berbicara, sehingga diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan penerapan metode bermain peran (role playing) dibandingkan dengan penerapan metode pemberian tugas. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen untuk membandingkan metode pemberian tugas dan metode bermain peran (role playing). Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Purbalingga Kidul tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah seluruhnya 64 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 56 peserta didik yang terbagi ke dalam kelompok eksperimen 27 peserta didik dan kelompok kontrol 29 peserta didik. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Posttest-Only Control Design. Data dari hasil belajar diperoleh dari tes performansi dan tes pilihan ganda, sedangkan data aktivitas belajar peserta didik dari observasi yang dilaksanakan sebelum dan saat penelitian berlangsung. Pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara pembelajaran yang menerapkan metode bermain peran (role playing) dengan yang menerapkan metode pemberian tugas. Ini dibuktikan dengan penghitungan uji independent sample t-test menggunakan SPSS versi 17, nilai thitung > ttabel yaitu 2,515 > 2,005 serta nilai signifikan yang kurang dari 0,05 yaitu 0,015. Rata-rata aktivitas belajar peserta didik yang menerapkan metode bermain peran (role playing) sebesar 80,84%, sedangkan rata-rata aktivitas di kelas kontrol 71,29%. Kedua hasil tersebut dapat disimpulkan, bahwa penerapan metode bermain peran (role playing) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan ix aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dibandingkan dengan penerapan metode pemberian tugas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Bermain Peran, Aktivitas, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:14
Last Modified: 12 May 2014 11:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18812

Actions (login required)

View Item View Item