PENGARUH PEMANFAATAN BANGUNAN KOTA LAMA DI SEMARANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MASA KOLONIAL MELALUI AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP KESATRIAN I SEMARANG


Kirana Puspa Perwitasari, 3101408078 (2013) PENGARUH PEMANFAATAN BANGUNAN KOTA LAMA DI SEMARANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MASA KOLONIAL MELALUI AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP KESATRIAN I SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMANFAATAN BANGUNAN KOTA LAMA DI SEMARANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MASA KOLONIAL MELALUI AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP KESATRIAN I SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH PEMANFAATAN BANGUNAN KOTA LAMA DI SEMARANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MASA KOLONIAL MELALUI AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP KESATRIAN I SEMARANG)
Download (8MB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMP Kesatrian 1 Semarang menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah yang selama ini terjadi dirasakan kering dan membosankan karena masih cenderung berpusat pada buku teks dan monomedia. Diharapkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan kualitas proses belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil belajar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pemanfaatan bangunan Kota Lama di Semarang pada masa kolonial dalam pembelajaran sejarah di SMP Kesatrian 1 Semarang, (2) bagaimana hasil belajar sejarah pada siswa kelas VIII di SMP Kesatrian 1 Semarang dan (3) bagaimana pengaruh pemanfaatan bangunan Kota Lama di Semarang pada masa kolonial melalui audio visual dalam pembelajaran sejarah dalam hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Kesatrian 1 Semarang? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1). untuk mengetahui pemanfaatan bangunan Kota Lama di Semarang dalam pembelajaran sejarah di SMP Kesatrian 1 Semarang, (2) untuk mengetahui hasil belajar sejarah pada siswa kelas VIII di SMP Kesatrian 1 Semarang dan (3) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan bangunan Kota Lama di Semarang pada masa kolonial melalui audio visual dalam pembelajaran sejarah dalam hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Kesatrian 1 Semarang? Penelitian ini termasuk dalam penelitian jenis ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Kesatrian 1 Semarang yang berjumlah 209 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling sehingga diperoleh kelas VIII C (kelas eksperimen) dan kelas VIII A (kelas kontrol). Metode pengumpulan data menggunakan metode tes.Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test. Berdasarkan perhitungan hasil perhitungan uji perbedaan rata-rata post-test diperoleh thitung= 3.420. Untuk α = 5% dan dk = 36+38 - 2 = 72 diperoleh t(0,95)(62) = 1.67. Karena thitung t t(0,95)(62) maka H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sementara itu hasil belajar sejarah siswa kelas (kelas eksperimen) memperoleh rata-rata 76.67. Serta hasil belajar sejarah siswa kelas (kelas kontrol) memperoleh rata-rata 72.30. Berdasarkan perolehan rata-rata hasil belajar siswa, kelas eksperimen lebih baik dibanding dengan kelas kontrol. Dengan demikian, guru harus mampu memilih media yang sesuai dengan materi agar dapat mengoptimalkan hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bangunan Kota Lama Semarang, Media Audio-visual, Hasil Belajar Sejarah.
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:16
Last Modified: 07 Nov 2013 17:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18807

Actions (login required)

View Item View Item