UPAYA PENINGKATAN ANGKA BEBAS JENTIK DEMAM BERDARAH DENGUE (ABJ-DBD) MELALUI PENGGERAKAN JURU PEMANTAU JENTIK (JUMANTIK) DI RW I KELURAHAN DANYANG KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2012


Rizqi Mubarokah, 6450408120 (2013) UPAYA PENINGKATAN ANGKA BEBAS JENTIK DEMAM BERDARAH DENGUE (ABJ-DBD) MELALUI PENGGERAKAN JURU PEMANTAU JENTIK (JUMANTIK) DI RW I KELURAHAN DANYANG KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA PENINGKATAN ANGKA BEBAS JENTIK DEMAM BERDARAH DENGUE (ABJ-DBD) MELALUI PENGGERAKAN JURU PEMANTAU JENTIK (JUMANTIK) DI RW I KELURAHAN DANYANG KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2012]
Preview
PDF (UPAYA PENINGKATAN ANGKA BEBAS JENTIK DEMAM BERDARAH DENGUE (ABJ-DBD) MELALUI PENGGERAKAN JURU PEMANTAU JENTIK (JUMANTIK) DI RW I KELURAHAN DANYANG KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2012)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang jumlah penderitanya semakin meningkat setiap tahun dan penyebarannya semakin luas. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah upaya peningkatan Angka Bebas Jentik Demam Berdarah Dengue (ABJ DBD) melalui penggerakan Juru Pemantau Jentik (Jumantik). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan ABJ DBD antara sebelum dan sesudah penggerakan jumantik di RW I Kelurahan Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Cara pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Jumlah sampelnya adalah 231 KK. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa ada perbedaan yang bermakna ABJ DBD antara sebelum dan sesudah penggerakan jumantik dengan p value (0,000) < α (0,005). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggerakan Juru Pemantau Jentik (jumantik) dapat meningkatkan Angka Bebas Jentik Demam Berdarah Dengue (ABJ DBD) di RW I Kelurahan Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Saran untuk masyarakat segera melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan aktif mengikuti penyuluhan. Untuk pemerintah diharapkan untuk membuat kebijakan yang melibatkan masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan DBD melalui metode yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Angka Bebas Jentik, Demam Berdarah Dengue (DBD), dan Juru Pemantau Jentik (Jumantik)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:16
Last Modified: 07 Nov 2013 17:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18806

Actions (login required)

View Item View Item