FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA PEKERJA BANGUNAN DI PT MIKROLAND PROPERTY DEVELOPMENT SEMARANG TAHUN 2012


Heru Septiawan, 6450408106 (2013) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA PEKERJA BANGUNAN DI PT MIKROLAND PROPERTY DEVELOPMENT SEMARANG TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA PEKERJA BANGUNAN DI PT MIKROLAND PROPERTY DEVELOPMENT SEMARANG TAHUN 2012]
Preview
PDF (FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA PEKERJA BANGUNAN DI PT MIKROLAND PROPERTY DEVELOPMENT SEMARANG TAHUN 2012)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sakit akibat kerja yang frekuensi kejadiannya paling tinggi adalah sakit atau nyeri pada punggung yaitu 22% dari 1.700.000 kasus. Pekerja bangunan di PT Mikroland Property Development memiliki resiko keluhan nyeri punggung bawah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor resiko yang berhubungan dnegan keluhan nyeri pungung bawah pada pekerja bangunan di PT Mikroland Property Development Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Cross Sectional. Populasi penelitian meliputi pekerja bangunan PT Mikroland Property Development Semarang yang berjumlah 99 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Jumlah sampel 49 orang. Instrumen penelitian yaitu kuesioner, lembar REBA, stopwatch, mikrotoa, timbangan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan uji statistik chi square dan fisher dengan derajat kemaknaan (α) = 0,05. Hasil analisia hubungan tiap variabel bebas dengan keluhan nyeri punggung bawah sebagai berikut: beban kerja (p value = 1,000), sikap kerja (p value = 0,020, CC = 0,314), kebiasaan merokok (p value = 0,548), Indeks Masa Tubuh (IMT) (p value = 0,030, CC = 0,296). Kesimpulan: Beban kerja dan kebiasaan merokok tidak mempunyai hubungan dengan keluhan nyeri punggung bawah. Sedangkan Sikap kerja dan Indeks Massa Tubuh (IMT) mempunyai hubungan dengan keluhan nyeri punggung bawah. Saran untuk semua pihak untuk lebih peduli dengan penyakit akibat kerja, agar bisa dilakukan pencegahan sebelum terjadi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor risiko, Keluhan nyeri punggung bawah, Pekerja bangunan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:17
Last Modified: 07 Nov 2013 17:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18801

Actions (login required)

View Item View Item