STUDI DESKRIPTIF KARAKTERISTIK HIGIENE DAN SANITASI PADA ALAT PENGOLAH MAKANAN GADO-GADO DI LINGKUNGAN PASAR JOHAR KOTA SEMARANG TAHUN 2012


Nunik Agustin Rahayu, 6450408102 (2013) STUDI DESKRIPTIF KARAKTERISTIK HIGIENE DAN SANITASI PADA ALAT PENGOLAH MAKANAN GADO-GADO DI LINGKUNGAN PASAR JOHAR KOTA SEMARANG TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI DESKRIPTIF KARAKTERISTIK HIGIENE DAN SANITASI PADA ALAT PENGOLAH MAKANAN GADO-GADO DI LINGKUNGAN PASAR JOHAR KOTA SEMARANG TAHUN 2012]
Preview
PDF (STUDI DESKRIPTIF KARAKTERISTIK HIGIENE DAN SANITASI PADA ALAT PENGOLAH MAKANAN GADO-GADO DI LINGKUNGAN PASAR JOHAR KOTA SEMARANG TAHUN 2012)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berasal dari hasil observasi awal dan uji pendahuluan terhadap 5 sampel alat pengolah makanan gado-gado (cobek), diketahui 2 (40%) alat pengolah makanan gado-gado mengandung positif bakteri E.coli. Tujuan untuk mengetahui gambaran studi deskriptif karakteristik higiene dan sanitasi alat pengolah makanan gado-gado di lingkungan Pasar Johar kota Semarang tahun 2012. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pedagang gado-gado di lingkungan Pasar Johar kota Semarang tahun 2012. Sampel secara total sampling berjumlah 10 pedagang gado-gado. Instrumen yang digunakan yaitu uji laboratorium usap alat, Observasi dan check list. Analisis dilakukan secara univariat. Hasil penelitian higiene penjamah makanan buruk 4 responden (40%), higiene penjamah baik 6 responden (60%), praktek pencucian buruk 3 responden (30%), praktek pencucian baik 7 responden (70%), menggunakan keadaan air tidak mengalir untuk pencucian peralatan 10 responden (100%), memiliki kualitas fisik air bersih tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau sebanyak 7 responden (70%), 3 responden yang tidak memiliki kualitas fisik persediaan air bersih tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau. kondisi warung memenuhi syarat 6 responden (60%), 4 responden (40%) tidak memenuhi syarat. kategori positif keberadaan Escherichia coli pada alat pengolah makanan gado-gado sebanyak 3 responden (30%). 7 responden (70%) kategori negatif. Saran yang diberikan dari dinas pasar yaitu memberikan sosialisasi dan penyuluhan tentang cara pemilihan, pencucian, penyimpanan bahan baku yang benar, proses pengolahan dan cara praktek pencucian alat yang benar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alat pengolah, Escherichia coli, higiene, sanitasi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:20
Last Modified: 07 Nov 2013 17:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18797

Actions (login required)

View Item View Item