KEEFEKTIFAN PROJECT BASED LEARNING PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS X SMK MATERI PROGRAM LINEAR


Marinda Ditya Putriari, 4101409015 (2013) KEEFEKTIFAN PROJECT BASED LEARNING PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS X SMK MATERI PROGRAM LINEAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PROJECT BASED LEARNING PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS X SMK MATERI PROGRAM LINEAR]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PROJECT BASED LEARNING PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS X SMK MATERI PROGRAM LINEAR)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan SMK membutuhkan suatu pembelajaran yang tidak hanya dapat meningkatkan aspek kognitif, psikomotor, dan afektif tetapi juga dapat memberikan kecakapan hidup sebagai bekal memasuki dunia kerja. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL dapat mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL lebih baik daripada dengan model ekspositori, dan (3) aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 9 Semarang dengan materi program linear. Penentuan sampel dilakukan secara acak menurut kelompok atau kelas-kelas yang sudah ada dan diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas X PM 1 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang diterapkan model PBL dan kelas X PM 3 sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang diterapkan model ekspositori. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi pihak kanan, uji kesamaan rata-rata dan uji pengaruh. Berdasarkan hasil perhitungan uji proporsi diperoleh bahwa ketuntasan belajar secara klasikal peserta didik kelas eksperimen mencapai KKM. Berdasarkan hasil uji kesamaan rata-rata menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Uji pengaruh yang dilakukan menggunakan uji regresi linear menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara aktivitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah yakni kemampuan pemecahan masalah peserta didik 32,28% dipengaruhi oleh aktivitas belajar. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa model PBL efektif terhadap pencapaian kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X SMK Negeri 9 Semarang pada materi program linear. Saran yang diberikan adalah model PBL dapat digunakan sebagai alternatif untuk guru yang ingin meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar peserta didik SMK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, kemampuan pemecahan masalah, project based learning (PBL).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:19
Last Modified: 07 Nov 2013 17:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18796

Actions (login required)

View Item View Item