PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013.

Agni Ristiyanti, 3201408076 (2013) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013.)
Download (2870Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran berupa lingkungan sekolah. Pembelajaran di lingkungan membawa siswa memahami hal-hal yang dianjurkan secara langsung dalam keadaan yang sesungguhnya dan kemudian dihubungkan dengan materi pelajaran. Permasalahan yang diteliti ini adalah (1) Bagaimana memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran geografi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan. (2) Apakah pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan. (3) Faktor-faktor apa saja yang menghambat dari pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran geografi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran geografi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan. (2) Mengetahui pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan. (3) Mengetahui faktor- faktor yang menghambat dari pemanfaatan lingkungan dalam pembelajaran geografi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kesesi tahun ajaran 2012/2013. Penentuan sampel dipilih secara porposive yaitu siswa kelas X.2 yang berjumlah 34 siswa. Sampel diteliti berdasarkan nilai paling baik diantara kelas X yang lain. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, dokumen dan observasi. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa siswa dapat mengenal langsung lingkungan sekolah dalam materi atmosfer seperti mengamati dan menghitung suhu udara, kelembaban udara dan angin, pembelajaran dengan menggunakan media lingkungan siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan kriteria nilai “ Baik” yaitu dengan presentase nilai 88.235%, faktor-faktor yang menghambat dari pemanfaatan lingkungan adalah waktu yang singkat dan cuaca yang mendukung pada materi atmosfer. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran geografi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kesesi, siswa lebih mengenal lingkungan secara langsung dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Saran untuk guru geografi dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran perlu meningkatkan kompetensi guru yang berkenaan dengan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber pembelajaran geografi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Lingkungan, Media Pembelajaran Geografi
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: sunarti perpus unnes
    Date Deposited: 07 Nov 2013 12:20
    Last Modified: 07 Nov 2013 12:20

    Actions (login required)

    View Item