HUBUNGAN ANTARA KELELAHAN KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA TENAGA KERJA BAGIAN TENUN DI PT. ALKATEX TEGAL


Ahmad Muizzudin, 6450408095 (2013) HUBUNGAN ANTARA KELELAHAN KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA TENAGA KERJA BAGIAN TENUN DI PT. ALKATEX TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KELELAHAN KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA TENAGA KERJA BAGIAN TENUN DI PT. ALKATEX TEGAL]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KELELAHAN KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA TENAGA KERJA BAGIAN TENUN DI PT. ALKATEX TEGAL)
Download (554kB) | Preview

Abstract

Setiap tahun sebanyak dua juta pekerja meninggal dunia karena kecelakaan kerja yang disebabkan faktor kelelahan dan berakibat pada penurunan produktivitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kelelahan kerja dengan produktivitas kerja pada tenaga kerja bagian tenun di PT. ALKATEX Tegal. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode survei analitik rancangan cross sectional. Populasi penelitian meliputi seluruh pekerja bagian tenun di PT. ALKATEX Tegal berjumlah 50 orang. Pengambilan sampel penelitian digunakan metode simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa reaction timer, dan lembar observasional. Berdasarkan hasil tabulasi silang hubungan antara kelelahan kerja dengan produktivitas kerja pada tingkat kepercayaan 95% dan tingkat kesalahan (α) 0,05 diketahui bahwa terdapat hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat dengan nilai p 0,001. Simpulan dari penelitian ini yaitu, ada hubungan antara kelelahan kerja dengan produktivitas kerja pada tenaga kerja bagian tenun di PT. ALKATEX Tegal. Saran bagi pekerja bagian tenun di PT. ALKATEX Tegal yaitu agar membiasakan diri untuk melakukan peregangan otot disela pekerjaan ataupun pada saat istirahat dan mempergunakan waktu istirahat yang diberikan dengan baik. Sedangkan bagi peneliti lain, saran yang diberikan adalah agar peneliti lain dapat melakukan penelitian sejenis dengan penambahan variabel lain yang juga berhubungan serta penambahan jumlah sampel dan waktu pelaksanaan penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelelahan Kerja, Produktivitas Kerja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:21
Last Modified: 07 Nov 2013 17:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18793

Actions (login required)

View Item View Item